title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP creator: Dasiun Paulus Manik, 0743023009 subject: LB Theory and practice of education subject: QD Chemistry description: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan dalam me-ningkatkan penguasaan konsep siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian non equivalent (pretest postest) control group design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Bangun Rejo Lampung Tengah Tahun Pelajararan 2014 /2015. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas XI2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI1 sebagai kelas kontrol. Model pem-belajaran inkuiri terbimbing dikatakan efektif apabila secara statistik terdapat perbedaan rata-rata n-Gain penguasaan konsep yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata n-Gain penguasaan konsep siswa untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 0,46 dan 0,41. Hasil uji hipotesis (uji-t), diperoleh rata-rata n-Gain penguasaan konsep siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan pada kelas eksperimen lebih besar daripada dengan rata-rata n-Gain penguasaan konsep pada kelas kontrol. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa. Kata kunci: efektivitas, model pembelajaran inkuiri terbimbing, penguasaan konsep kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan date: 2015-12-22 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16451/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16451/2/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16451/3/COVER%20LUAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16451/4/DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16451/5/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16451/6/DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16451/7/MOTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16451/11/PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16451/8/PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16451/9/PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16451/10/PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16451/12/RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16451/13/SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16451/14/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16451/15/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16451/16/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16451/17/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16451/18/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16451/19/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf identifier: Dasiun Paulus Manik, 0743023009 (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. (Tidak diterbitkan) relation: http://digilib.unila.ac.id/16451/