TY - JOUR ID - eprints16452 UR - http://digilib.unila.ac.id/16452/ A1 - 1013079081, Norma Siregar N2 - Terdapatnya aktivitas dan hasil belajar siswa yang tidak maksimal sebesar 48.3% pada pembelajaran PKN di kelas VB SDN 2 Branti Raya, memerlukan solusi untuk meningkatkan kedua aspek tersebut. Guru memilih permainan simulasi sebagai salah satu cara untuk mencapai tujuan pembelajaran yaitu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang dilaksanakan dalam bentuk penelitian tindakan kelas melalui 3 siklus. Dalam siklus yang dilakukan, terdapat empat tahap yang harus dilalui oleh peneliti, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan pengumpulan data serta refleksi. Setelah data dikumpulkan melalui observasi dan tes hasil belajar, maka diperoleh kesimpulan bahwa Model permainan simulasi dapat membantu meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran PKn. Pelaksanaan tindakan siklus 1 siswa yang memperoleh aktivitas rendah 43.3%, siklus 2 pada persentase 23.3% dan pada siklus 3 berkurang pada persentase akhir 13.3%. Model permainan simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran PKn. Peningkatan itu dapat dilihat pada dari pelaksanaan siklus 1 siswa yang tidak mencapai KKM 63.3 % dan pada siklus 2 siswa yang belum tuntas 33.3% dan pada siklus 3 seluruh siswa mencapai KKM 0% Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar dan Model Permainan Simulasi JF - Digital Library TI - PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI PERMAINAN SIMULASI SISWA KELAS V SDN 2 BRANTI RAYA KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012 AV - restricted ER -