%0 Journal Article %A 1013079197, Ely Dasima %D 2012 %F eprints:16468 %J Digital Library %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA KELAS V SD NEGERI 3 CANDIMAS T.P 2011/2012 %U http://digilib.unila.ac.id/16468/ %X Dari observasi di kelas V tahun pelajaran 2011/2012 ditemukan bahwa aktivitas belajar siswa yang dominan dalam pembelajaran matematika adalah mendengarkan dan men-catat penjelasan dari guru. Hal ini dikarenakan metode yang digunakan guru dalam pembelajaran masih dominan menggunakan metode ceramah dan latihan soal, sehingga aktivitas belajar (on task) siswa rendah. Rata-rata nilai tes formatif siswa kelas V pada materi pokok bangun datar dan bangun ruang tahun pelajaran 2010/2011 masih rendah, yaitu 48,48 dengan siswa yang tuntas belajar sebesar 42,42%. Hasil tersebut belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 100% siswa telah mencapai nilai ≥ 60, dengan demikian kelas tersebut belum mencapai ke-tuntasan belajar. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah meng-gunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatkan: (1) aktivitas belajar (on task) siswa dan (2) hasil belajar siswa materi pokok bangun datar dan bangun ruang. Jenis penelitian ini adalah PTK yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Data pene¬litian berupa data aktivitas belajar (on task) siswa, data kinerja guru dalam mengelola pem-belajaran, dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase dari siklus I ke siklus II dan siklus II ke siklus III sebagai berikut: (1) setiap jenis aktivitas belajar (on task) siswa, bertanya pada guru sebesar 13,64% dan 18,19% dan menjawab pertanyaan sebesar 6,06% dan 10,61%; (2) rata-rata hasil belajar siswa sebesar 13,77% dan 12,62%. Kata kunci : Pembelajaran kooperatif tipe NHT, aktivitas belajar (on task) siswa, hasil belajar siswa