TY - THES ID - eprints1647 UR - http://digilib.unila.ac.id/1647/ A1 - , WIDYA MELASARI Y1 - 2012/09/23/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar bidang studi Geografi khususnya materi hidrosfer pada siswa kelas X3 semester I SMAN 1 Ngambur dengan menggunakan sumber belajar ingkungan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 3 siklus tindakan. Dalam penelitian ini data yang diperoleh adalah berupa proses pembelajaran siswa dan prestasi belajar siswa. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes, lembar observasi proses pembelajaran, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan sumber belajar lingkungan dapat meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata persentase keaktifan dan prestasi siswa pada siklusnya. Siklus I persentase keaktifan siswa 55,18 % dan persentase prestasi siswa 52,50 %. Pada siklus II persentase keaktifan siswa naik menjadi 64,51% dan persentase prestasi siswa 65,79 %. Begitu pula dengan siklus III, persentase keaktifan siswa naik menjadi 83.33% dan persentase prestasi siswa 77,5%. Berdasarkan hasil pembahasan penelitian tersebut, bahwa pembelajaran dengan sumber belajar lingkungan dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas X3 SMA N 1 Ngambur Kabupaten Lampung Barat Tahun Ajaran 2011/2012. Kata Kunci : sumber belajar lingkungan, aktivitas dan prestasi PB - Fakultas KIP M1 - masters TI - PEMBELAJARAN HIDROSFER DENGAN SUMBER BELAJAR LINGKUNGAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X3 SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 NGAMBUR KABUPATEN LAMPUNG BARAT TAHUN AJARAN 2011-2012 AV - restricted ER -