TY - THES ID - eprints1648 UR - http://digilib.unila.ac.id/1648/ A1 - , Wiwik Sumarmi Y1 - 2012/09/23/ N2 - Penelitian ini dilatar belakangi aktivitas dan hasil belajar IPS kelas VIII MTs Pesantren Nurul Islam Jati Agung Lampung Selatan yang rendah. Proses belajar terjadi karena interaksi antara seseorang dengan sumber belajar yang digunakan. Untuk menunjang proses belajar tidak terbatas hanya pada kemampuan guru dalam menyampaikan materi tetapi juga berkaitan dengan aktivitas siswa sehingga akan mampu meningkatkan hasil belajar seseorang, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Meningkatnya aktivitas belajar IPS kelas VIII MTs melalui model pembelajaran inkuiri. (2) Meningkatnya hasil belajar IPS kelas VIII di MTs melalui model pembelajaran inkuiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan model inkuiri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas (Classrom Action Reserch) dengan pendekatan kualitatif diimplementasikan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS sejarah deretan siklus, setiap siklus melalui perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan test uraian. Hasil dari pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran IPS sejarah siswa MTs Pesantren Nurul Islam, Jati Agung Lampung Selatan Tahun Pembelajaran 2011-2012 dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, yaitu dari 16 siswa atau 61,5% pada siklus I, menjadi 17 siswa atau 65,3% siklus II, dan 24 siswa atau 92,3% pada siklus III. Meningkatkan hasil belajar siswa dari 69,23% (18 siswa) pada siklus I, manjadi 65,3 % (17) ada siklus II, 96% (25) pada siklus III. Kata kunci: Inkuiri, aktivitas belajar, dan hasil belajar PB - Fakultas KIP M1 - masters TI - PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VIII MTs PESANTREN NURUL ISLAM AV - restricted ER -