title: PERBANDINGAN PERILAKU BERKARAKTER SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN EXCLUSIVE BERBASIS INKUIRI DENGAN VERIFIKASI creator: FajarSuryono, Farahita Maya Canty Dewi subject: LB Theory and practice of education subject: QC Physics description: Pembelajaran IPA di sekolahselamainimasihterfokuspadaranahkognitif, kurangmemperhatikanranahafektifdanpsikomotor.Dalam proses pembelajaran guru tidakmelakukanpenilaianterhadapperilakuberkarakter. Akibatdarikurangnyaperhatianpadapendidikankarakter, banyaksiswatidakmemilikiperilakuberkarakter.Penelitian ini bertujuan untukmengetahuiadakahperbedaan rata-rata perilakuberkaraktersiswapada model pembelajaranExclusive berbasisinkuiridenganverifikasidanmanakah yang lebihtinggiperilakuberkarakternya. Penelitiandilaksanakan di SMP Negeri1 Sekampung dan sampelnyaadalahsiswa kelas kelas VII1danVII2yang berjumlah 64 siswa. Teknikpengambilansampel yang digunakanadalahdengantekhnikPurposive Sampling. Desain penelitian ini adalah tipe One-Shot Case Study. Berdasarkan hasilujiIndependent Sample T Test diperolehbahwanilait hitungpadaperilakuberkarakteryaitu 5.552 lebihbesardarit tabelyaitu2.037, Farahita Maya CantyDewi iii artinyaadaperbedaan rata-rata nilaiperilakuberkaraktersiswapada model pembelajaranExclusive berbasisinkuiridenganverifikasi.Rata-rata hasilperilakuberkaraktersiswapadakelasExclusiveberbasisinkuirisebesar67.16 danpadakelasExclusiveberbasisverifikasisebesar56.22, sehinggadapatdisimpulkanbahwaperilakuberkaraterpadakelasExclusive berbasisinkuirilebihtinggidaripadakelasExclusive berbasisverifikasi. NilairatarataperilakuafektifpadakelasExclusive berbasisinkuirisebesar77.00, nilaihasilbelajarnyasebesar76.88sedangkanpadakelasExclusiveberbasisverifikasini lairata-rataperilakuafektifsebesar61.48, nilairata-rata hasilbelajarnyasebesar73.44. Kata Kunci: Model PembelajaranExclusive, Metodeinkuiri, Metodeverifikasi, Perilakuberkarakter. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2014-08-09 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1652/1/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1652/2/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1652/3/LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1652/4/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1652/5/LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1652/6/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1652/7/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1652/8/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1652/9/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1652/10/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1652/11/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1652/12/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1652/13/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf identifier: FajarSuryono, Farahita Maya Canty Dewi (2014) PERBANDINGAN PERILAKU BERKARAKTER SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN EXCLUSIVE BERBASIS INKUIRI DENGAN VERIFIKASI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/1652/