TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints16540 UR - http://digilib.unila.ac.id/16540/ A1 - suratman, 1013073003 Y1 - 2015/11/27/ N2 - Masalah yang diteliti dalam penelitian ini yaitu mengenai upaya meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk menganalisis peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada pelajaran IPS di kelas VII SMP Bakauheni. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada pelajaran IPS di kelas VII SMP Bakauheni selalu mengalami peningkatan untuk setiap siklusnya. Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, dan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VII SEMESTER GANJIL PADA SMP BAKAUHENI TAHUN PELAJARAN 2015/2016 AV - restricted ER -