?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=UPAYA+MENINGKATKAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+IPS%0D%0ATERPADU+MELALUI+MODEL+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF+TIPE%0D%0AJIGSAW+DI+KELAS+VIII+SMP+MUHAMMADIYAH+02+PAGELARAN%0D%0ASEMESTER+GANJILTAHUN+PELAJARAN+2015%2F2016&rft.creator=Tohirun%2C+1113113003&rft.subject=L+Education+(General)+%3D+Pendidikan+&rft.description=Berdasarkan+pengamatan+awal+terhadap+proses+pembelajaran+IPS+Terpadu+di+SMP%0D%0AMuhammadiyah+02+Pagelaran+diperoleh+informasi+bahwa+selama+proses%0D%0Apembelajaran%2C+guru+belum+memberdayakan+seluruh+potensi+siswa+sehingga%0D%0Asebagian+besar+siswa+belum+mampu+mencapai+kompetensi+individual+yang%0D%0Adiperlukan+untuk+mengikuti+pelajaran+lanjutan.+Beberapa+siswa+belum+belajar%0D%0Asampai+pada+tingkat+berfikir+yang+logis.+Siswa+baru+mampu+menghafal+fakta%2C%0D%0Akonsep%2C+prinsip%2C+hukum%2C+teori%2C+dan+pada+tingkat+berfikir+yang+mudah%2C+sehingga%0D%0Amereka+belum+dapat+menggunakan+dan+menerapkannya+secara+efektif+dalam%0D%0Apemecahan+masalah+sehari-hari+yang+kontekstual.%0D%0APembelajaran+mata+pelajaran+Ilmu+Pengetahuan+Sosial+selama+ini+juga+masih%0D%0Ateacher+centered.+Kondisi+demikian+tentu+membuat+proses+pembelajaran+hanya%0D%0Adidominasi+guru.+Kondisi+demikian%2C+pada+akhirnya+membawa+dampak+kepada%0D%0Asuasana+belajar+yang+tidak+menyenangkan+bagi+siswa%2C+siswa+merasa+bosan+pada%0D%0Amateri+yang+diberikan+oleh+guru.+Siswa+menjadi+malas+untuk+melakukan%0D%0Aaktivitas-aktivitas+belajar+sehingga+hasil+belajar+yang+diperoleh+juga+kurang%0D%0Aoptimal.%0D%0ABerdasarkan+hasil+penelitian+maka+dapat+disimpulkan+sebagai+berikut%3A%0D%0A1.+Pembelajaran+kooperatif+tipe+jigsaw+pada+Siswa+kelas+VIII+SMP%0D%0AMuhammadiyah+02+Pagelaran+dapat+meningkatkan+aktivitas+belajar+Siswa.%0D%0Asiklus+I+pertemuan+pertama+sebanyak+19+siswa+dari+35+siswa+dengan%0D%0Apersentase+54%2C28%25+dan+siklus+I+pertemuan+kedua+siswa+yang+aktif%0D%0Asebanyak+22+siswa+dari+35+siswa+dengan+persentase+62%2C86.+Siklus+I+dapat%0D%0Adiambil+rata-rata+aktivitas+siswa+sebesar+58%2C57%25.+Kemudian+siklus+II%0D%0Apertemuan+pertama+siswa+yang+aktif+sebanyak+24+siswa+dari+35+siswa%0D%0Adengan+persentase+68%2C57%25+dan+siklus+II+pertemuan+kedua+siswa+yang+aktif%0D%0Asebanyak+26+siswa+dari+35+siswa+dengan+persentase+74%2C28%25+dengan+ratarata+aktivitas+belajar+siswa+siklus+II+sebesar+71%2C42%25.+Antara+siklus+I+ke%0D%0Asiklus+II+ada+peningkatan+aktivitas+belajar+sebesar+12%2C85%25.+Kemudian%0D%0Asiklus+III+pertemuan+pertama+siswa+yang+aktif+sebanyak+28+siswa+dari+35%0D%0Asiswa+dengan+persentase+80%25+dan+siswa+yang+aktif+pada+siklus+III%0D%0Apertemuan+kedua+sebanyak+32+siswa+dari+35+siswa+dengan+persentase%0D%0A91%2C42%25+dengan+nilai+rata-rata+siklus+III+sebesar+85%2C71%25.+Ada+peningkatan%0D%0Aaktivitas+belajar+dari+siklus+II+ke+siklus+III+sebesar+14%2C29%25.%0D%0A2.+Pembelajaran+kooperatif+tipe+jigsaw+pada+Siswa+kelas+VIII+SMP%0D%0AMuhammadiyah+02+Pagelaran+dapat+meningkatkan+hasil+belajar+siswa.%0D%0AHasil+belajar+siswa+yang+tuntas+pada+siklus+I+sebanyak+19+siswa+dari+35%0D%0Asiswa+dengan+persentase+54%2C29%25.+Dengan+nilai+rata-rata+61%2C86.+Sedangkan%0D%0Apada+siklus+II+siswa+yang+tuntas+sebanyak+25+siswa+dari+35+siswa+dengan%0D%0Apersentase+71%2C43%25.+Nilai+rata-rata+pada+siklus+II+sebesar+70%2C29.+Dari+siklus%0D%0AI+ke+siklus+II+ada+peningkatan+hasil+belajar+sebesar+17%2C29%25.+Siklus+III%0D%0Asiswa+yang+tuntas+sebanyak+31+siswa+dari+35+siswa+dengan+persentase%0D%0A88%2C57%25.+Dengan+nilai+rata-rata+sebesar+80.+Untuk+siklus+II+ke+siklus+III%0D%0Aterjadi+peningkatan+hasil+belajar+siswa+sebesar+17%2C14%25.&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2015-11-27&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16542%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16542%2F2%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16542%2F3%2FHalaman%2520Persetujuan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16542%2F4%2FHalaman%2520Pengesahan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16542%2F5%2FPernyataan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16542%2F6%2FRIWAYAT%2520HIDUP.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16542%2F7%2FPERSEMBAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16542%2F8%2FMOTO.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16542%2F9%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16542%2F10%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16542%2F105%2FSANWACANA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16542%2F11%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16542%2F12%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16542%2F13%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16542%2F14%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16542%2F15%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16542%2F16%2FLampiran.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16542%2F17%2FRPP.pdf&rft.identifier=++Tohirun%2C+1113113003++(2015)+UPAYA+MENINGKATKAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+IPS+TERPADU+MELALUI+MODEL+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF+TIPE+JIGSAW+DI+KELAS+VIII+SMP+MUHAMMADIYAH+02+PAGELARAN+SEMESTER+GANJILTAHUN+PELAJARAN+2015%2F2016.++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16542%2F