?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+INTERAKSI+SISWA+PADA+MODEL+PEMBELAJARAN+PROBLEM+POSING+TERHADAP+KEMAMPUAN+BERPIKIR+KREATIF+DAN+HASIL+BELAJAR+FISIKA+SISWA+SMA+KELAS+XII&rft.creator=Ahmad+Syahidin+Ghozali%2C+Ivan+Hasfanudin&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=QC+Physics&rft.description=Kreativitas+(berpikir+kreatif)+perlu+dikembangkangkan+sejak+dini+karena+diharapkan+menjadi+bekal+dalam+menghadapi+persoalan-persoalan+dalam+kehidupan.+Selain+hasil+belajar+siswa+yang+baik%2C+keberhasilan+dalam+proses+belajar+mengajar+juga+dtunjukkan+kemampuan+berpikir+kreatif+yang+dimiliki+siswa.+Oleh+karena+itu%2C+strategi+pembelajaran+yang+digunakan+harus+tepat+demi+tercapainya+tujuan+pendidikan.+Salah+satu+model+pembelajaran+yang+dapat+digunakan+untuk+membangkitkan+minat%2C+aktivitas%2C+kemampuan+berpikir+kritis+dan+kreatif+siswa+serta+dapat+mempengaruhi+hasil+belajar+siswa+adalah+model+pembelajran+problem+posing.%0D%0ARumusan+masalah+pada+penelitian+ini%2C+yaitu+adakah+pengaruh+interaksi+siswa+pada+model+pembelajaran+problem+posing+terhadap+kemampuan+berpikir+kreatif+dan+hasil+belajar+siswa%3F.+Sedangkan+tujuan+dari+penelitian+ini+adalah+untuk+mengetahui+pengaruh+interaksi+siswa+pada+model+pembelajaran+problem+posing+terhadap+kemampuan+berpikir+kreatif+dan+hasil+belajar+siswa.+Dalam+hal+ini+kemampuan+berpikir+kreatif+siswa+meliputi+empat+aspek+yaitu+%3A+Fluency%2C%0D%0AIvan+Hasfanudin%0D%0Aflexibility%2C+Originality+dan+Elaboration.+Sedangkan+hasil+belajar+disini+hanya+mencangkup+ranah+kognitif+saja.%0D%0ADengan+menggunakan+metode+One+Group+Pretest-Posttest+Design+penelitian+ini+dilaksanakan+dalam+enam+pertemuan+(6%C3%9745+menit)+pada+kelas+XII+IPA1+SMAN+1+Way+Jepara+Kabupaten+Lampung+Timur+Tahun+Ajaran+2011%2F+2012.+Berdasarkan+hasil+penelitian+diperoleh+skor+N-gain+rata-rata+kemampuan+berpikir+kreatif+siswa+sebesar+0%2C62+(kategori+sedang)+dan+N-gain+rata-rata+hasil+belajar+siswa+sebesar+0%2C76+(kategori+tinggi).+Bedasarkan+uji+statistik+non-parametrik+kolmogorov+smirnov+dan+uji+analisis+fungsi+univariate+menggunakan+program+aplikasi+SPSS+17.0+for+windows%2C+diketahui+bahwa+ketiga+data+terdistribusi+normal+dan+homogen.+Selanjutnya+untuk+menguji+pengaruh+dilakukan+dengan+uji+regresi+linier+sederhana+(uji+regresi+linier+tunggal).%0D%0ABerdasarkan+hasil+analisis+data+diketahui+bahwa+ada+pengaruh+antara+interaksi+siswa+pada+model+pembelajaran+problem+posing+%3A+(1)+terhadap+kemampuan+berpikir+kreatif+siswa+yang+ditunjukkan+dengan+nilai+Sig.+(0%2C010)+%3C+%CE%B1+(0%2C05)+dengan+persamaan+regresi+Y1%3D+-0%2C199+%2B+0%2C012+X%2C+dan+(2)+terhadap+hasil+belajar+siswa+pada+ranah+kognitif+didapatkan+nilai+Sig.+(0%2C024)+%3C+%CE%B1+(0%2C05)+dengan+persamaan+regresi+Y2+%3D+0%2C18+%2B+0%2C008X.+Sehingga+dapat+disimpulkan+bahwa+interaksi+siswa+pada+model+pembelajaran+problem+posing+dapat+berpengaruh+terhadap+kemampuan+berpikir+kreatif+sebesar+24%2C4%25+dan+hasil+belajar+siswa+sebesar+19%2C4%25.%0D%0AKata+kunci%3A+Model+pembelajaran+problem+posing%2C+kemampuan+berpikir+kreatif+%2C+hasil+belajar.&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2014-05-06&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1655%2F1%2F3.%2520COVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1655%2F2%2F2.%2520ABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1655%2F3%2F4.%2520LEMBAR%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1655%2F4%2F5.%2520LEMBAR%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1655%2F5%2F6.%2520SURAT%2520PERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1655%2F6%2F11.%2520DAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1655%2F7%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1655%2F8%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1655%2F9%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1655%2F10%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1655%2F11%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1655%2F12%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1655%2F13%2FLAMPIRAN%2520-%2520LAMPIRAN.pdf&rft.identifier=++Ahmad+Syahidin+Ghozali%2C+Ivan+Hasfanudin++(2014)+PENGARUH+INTERAKSI+SISWA+PADA+MODEL+PEMBELAJARAN+PROBLEM+POSING+TERHADAP+KEMAMPUAN+BERPIKIR+KREATIF+DAN+HASIL+BELAJAR+FISIKA+SISWA+SMA+KELAS+XII.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1655%2F