%A Ivan Hasfanudin Ahmad Syahidin Ghozali %T PENGARUH INTERAKSI SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA KELAS XII %X Kreativitas (berpikir kreatif) perlu dikembangkangkan sejak dini karena diharapkan menjadi bekal dalam menghadapi persoalan-persoalan dalam kehidupan. Selain hasil belajar siswa yang baik, keberhasilan dalam proses belajar mengajar juga dtunjukkan kemampuan berpikir kreatif yang dimiliki siswa. Oleh karena itu, strategi pembelajaran yang digunakan harus tepat demi tercapainya tujuan pendidikan. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk membangkitkan minat, aktivitas, kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa serta dapat mempengaruhi hasil belajar siswa adalah model pembelajran problem posing. Rumusan masalah pada penelitian ini, yaitu adakah pengaruh interaksi siswa pada model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh interaksi siswa pada model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Dalam hal ini kemampuan berpikir kreatif siswa meliputi empat aspek yaitu : Fluency, Ivan Hasfanudin flexibility, Originality dan Elaboration. Sedangkan hasil belajar disini hanya mencangkup ranah kognitif saja. Dengan menggunakan metode One Group Pretest-Posttest Design penelitian ini dilaksanakan dalam enam pertemuan (6?45 menit) pada kelas XII IPA1 SMAN 1 Way Jepara Kabupaten Lampung Timur Tahun Ajaran 2011/ 2012. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh skor N-gain rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 0,62 (kategori sedang) dan N-gain rata-rata hasil belajar siswa sebesar 0,76 (kategori tinggi). Bedasarkan uji statistik non-parametrik kolmogorov smirnov dan uji analisis fungsi univariate menggunakan program aplikasi SPSS 17.0 for windows, diketahui bahwa ketiga data terdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya untuk menguji pengaruh dilakukan dengan uji regresi linier sederhana (uji regresi linier tunggal). Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ada pengaruh antara interaksi siswa pada model pembelajaran problem posing : (1) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa yang ditunjukkan dengan nilai Sig. (0,010) < ? (0,05) dengan persamaan regresi Y1= -0,199 + 0,012 X, dan (2) terhadap hasil belajar siswa pada ranah kognitif didapatkan nilai Sig. (0,024) < ? (0,05) dengan persamaan regresi Y2 = 0,18 + 0,008X. Sehingga dapat disimpulkan bahwa interaksi siswa pada model pembelajaran problem posing dapat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif sebesar 24,4% dan hasil belajar siswa sebesar 19,4%. Kata kunci: Model pembelajaran problem posing, kemampuan berpikir kreatif , hasil belajar. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints1655