%A Sukesih 1013079292 %J Digital Library %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIVE TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 3 CANDIMAS (PTK di SDN 3 Candimas Tahun Pelajaran 2011/2012) %X Aktivitas dan hasil belajar merupakan faktor pendukung suksesnya pembelajaran ketika berlangsung di dalam kelas. Hasil belajar baik jika aktivitas belajar yang dilakukan juga baik. Berdasarkan hasil observasi di SDN 3 Candimas ternyata aktivitas dan hasil beljar masih sangat kuarang. Dengan demikian perlu perbaikan model atau pendekatan pembelajaran yang mampu memperbaiki aktivitas dan hasil belajar . Subjek perbaikan pembelajaran adalah 30 siswa yang terdiri atas 16 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Pengumpulan data menggunakan instrumen observasi untuk data kualitatif, dengan instrumen test untuk data kuantitatif. Data dianalisis sesuai dengan jenis data, yaitu deskripsi untuk data kualitatif dan akar untuk data kuantitatif. Hasil belajar penelitian pembelajaran matematika menggunakan pembelajaran Kooperative tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil belajar penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar pembelajaran yaitu pada siklus I sebesar 6.8 %, siklus II 8.5% dan siklus III 9.3 %. Kata Kunci : Aktivitas belajar, hasil belajar, pembelajaran kooperative tipe jigsaw %D 2012 %L eprints16569