?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PEMANFAATAN+MEDIA+TEKNOLOGI+INFORMASI+DAN%0D%0AKOMUNIKASI+TUTORIAL+SEBAGAI+SUPLEMEN%0D%0AEKSPERIMEN+PADA+PEMBELAJARAN%0D%0AALAT+UKUR+DI+SMP&rft.creator=Mahad%2C+Junia+Yurika&rft.subject=HE+Transportation+and+Communications&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=QC+Physics&rft.description=Berdasarkan+hasil+observasi+dan+wawancara+dengan+guru+IPA+di+SMPN+2+Way+Tenong+didapatkan+bahwa+siswa+pada+pelajaran+IPA%2C+khususnya+fisika.+Pembelajaran+dilakukan+hanya+dengan+menggunakan+metode+ceramah%2C+kemudian+dilanjutkan+dengan+penjelasan+materi+dan+pengerjaaan+soal-soal+fisika+saja.+Sehingga+proses+belajar+siswa+tidak+maksimal.+Pembelajaran+fisika+yang+kurang+efektif+ini+diduga+dapat+diatasi+dengan+memanfaatkan+media+Teknologi+Informasi+dan+Komunikasi+(TIK)+yang+akan+digunakan+sebagai+suplemen+eksperimen.+Tujuan+penelitian+ini+untuk+mengetahui%2C+(1)+perbedaan+hasil+belajar+ranah+kognitif+siswa+setelah+pemanfaatan+media+TIK+tutorial+sebagai+suplemen+eksperimen+pada+pembelajan+alat+ukur+di+SMP%3B+(2)+mendeskripsikan+Keterampilan+Proses+Sains+(KPS)+siswa+dalam+pembelajaran+alat+ukur+dengan+memanfaatkan+media+TIK+tutorial+sebagai+suplemen+eksperimen%3B+(3)+mendeskripsikan+karakter+yang+dapat+ditumbuhkan+pada+siswa+selama+pembelajaran+alat+ukur+dengan+memanfaatkan+media+TIK+tutorial+sebagai%0D%0AJunia+Yurika%0D%0Asuplemen+eksperimen%3B+(4)+mendeskripsikan+aktivitas+siswa+dalam+pembelajaran+alat%0D%0Aukur+dengan+pembelajaran+alat+ukur+dengan+memanfaatkan+media+TIK+tutorial%0D%0Asebagai+suplemen+eksperimen%3B+(5)+mendeskripsikan+sikap+siswa+terhadap%0D%0Apemanfaatan+media+TIK+tutorial+sebagai+suplemen+eksperimen+dalam+pembelajaran%0D%0Aalat+ukur.+Penelitian+ini+berlangsung+pada+semester+ganjil+tahun+ajaran+2013%2F2014+di%0D%0ASMP+Negeri+1+Way+Tenong+Kabupaten+Lampung+Barat.+Sampel+yang+diambil+yaitu%0D%0Akelas+VII+D+sebagai+kelas+eksperimen.+Pemilihan+kelas+sampel+dengan+metode%0D%0ARandom+yaitu+mengambil+satu+kelas+secara+acak+dari+beberapa+kelas.+Desain%0D%0Apenelitian+yang+digunakan+dalam+penelitian+ini+adalah+One-Shot+Case+Study.%0D%0AKesimpulan+yang+diperoleh+dari+penelitian+ini+adalah+(1)+terdapat+perbedaan+hasil%0D%0Abelajar+ranah+kognitif+siswa+setelah+pemanfaatan+media+TIK+tutorial+sebagai%0D%0Asuplemen+eksperimen%3B+(2)+pemanfaatan+media+TIK+tutorial+sebagai+suplemen%0D%0Aeksperimen+pada+pembelajaran+alat+ukur+di+SMP+dapat+memunculkan+KPS%3B%0D%0A(3)+pemanfaatan+media+TIK+tutorial+sebagai+suplemen+eksperimen+pada%0D%0Apembelajaran+alat+ukur+di+SMP+dapat+membentuk+karakter%3B+(4)+pemanfaatan+media%0D%0ATIK+tutorial+sebagai+suplemen+eksperimen+pada+pembelajaran+alat+ukur+di+SMP%0D%0Adapat+meningkatkan+aktivitas+siswa%3B+(5)+pemanfaatan+media+TIK+tutorial+sebagai%0D%0Asuplemen+eksperimen+pada+pembelajaran+alat+ukur+di+SMP+dapat+menumbuhkan%0D%0Asikap+positif+bagi+siswa+pada+saat+pembelajaran.%0D%0AKata+kunci%3A+media+TIK+tutorial+sebagai+suplemen+eksperimen%2C+hasil+belajar%0D%0Aranah+kognitif%2C+keterampilan+proses+sains%2C+karakter+siswa%2C%0D%0Aaktivitas+siswa%2C+sikap+siswa.&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2014-08-17&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1657%2F1%2F3.%2520COVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1657%2F2%2F2.%2520ABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1657%2F3%2F4.%2520HALAMAN%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1657%2F4%2F5.%2520HALAMAN%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1657%2F5%2F6.%2520HALAMAN%2520PERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1657%2F6%2F11.%2520DAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1657%2F7%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1657%2F8%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1657%2F9%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1657%2F10%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1657%2F11%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1657%2F12%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1657%2F13%2FLAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf&rft.identifier=++Mahad%2C+Junia+Yurika++(2014)+PEMANFAATAN+MEDIA+TEKNOLOGI+INFORMASI+DAN+KOMUNIKASI+TUTORIAL+SEBAGAI+SUPLEMEN+EKSPERIMEN+PADA+PEMBELAJARAN+ALAT+UKUR+DI+SMP.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1657%2F