TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints1657 UR - http://digilib.unila.ac.id/1657/ A1 - Mahad, Junia Yurika Y1 - 2014/08/17/ N2 - Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru IPA di SMPN 2 Way Tenong didapatkan bahwa siswa pada pelajaran IPA, khususnya fisika. Pembelajaran dilakukan hanya dengan menggunakan metode ceramah, kemudian dilanjutkan dengan penjelasan materi dan pengerjaaan soal-soal fisika saja. Sehingga proses belajar siswa tidak maksimal. Pembelajaran fisika yang kurang efektif ini diduga dapat diatasi dengan memanfaatkan media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang akan digunakan sebagai suplemen eksperimen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, (1) perbedaan hasil belajar ranah kognitif siswa setelah pemanfaatan media TIK tutorial sebagai suplemen eksperimen pada pembelajan alat ukur di SMP; (2) mendeskripsikan Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa dalam pembelajaran alat ukur dengan memanfaatkan media TIK tutorial sebagai suplemen eksperimen; (3) mendeskripsikan karakter yang dapat ditumbuhkan pada siswa selama pembelajaran alat ukur dengan memanfaatkan media TIK tutorial sebagai Junia Yurika suplemen eksperimen; (4) mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran alat ukur dengan pembelajaran alat ukur dengan memanfaatkan media TIK tutorial sebagai suplemen eksperimen; (5) mendeskripsikan sikap siswa terhadap pemanfaatan media TIK tutorial sebagai suplemen eksperimen dalam pembelajaran alat ukur. Penelitian ini berlangsung pada semester ganjil tahun ajaran 2013/2014 di SMP Negeri 1 Way Tenong Kabupaten Lampung Barat. Sampel yang diambil yaitu kelas VII D sebagai kelas eksperimen. Pemilihan kelas sampel dengan metode Random yaitu mengambil satu kelas secara acak dari beberapa kelas. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah One-Shot Case Study. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) terdapat perbedaan hasil belajar ranah kognitif siswa setelah pemanfaatan media TIK tutorial sebagai suplemen eksperimen; (2) pemanfaatan media TIK tutorial sebagai suplemen eksperimen pada pembelajaran alat ukur di SMP dapat memunculkan KPS; (3) pemanfaatan media TIK tutorial sebagai suplemen eksperimen pada pembelajaran alat ukur di SMP dapat membentuk karakter; (4) pemanfaatan media TIK tutorial sebagai suplemen eksperimen pada pembelajaran alat ukur di SMP dapat meningkatkan aktivitas siswa; (5) pemanfaatan media TIK tutorial sebagai suplemen eksperimen pada pembelajaran alat ukur di SMP dapat menumbuhkan sikap positif bagi siswa pada saat pembelajaran. Kata kunci: media TIK tutorial sebagai suplemen eksperimen, hasil belajar ranah kognitif, keterampilan proses sains, karakter siswa, aktivitas siswa, sikap siswa. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PEMANFAATAN MEDIA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TUTORIAL SEBAGAI SUPLEMEN EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN ALAT UKUR DI SMP AV - restricted ER -