TY - JOUR ID - eprints16574 UR - http://digilib.unila.ac.id/16574/ A1 - 1013109051, Sri Marsiswati Y1 - 2012/05/09/ N2 - Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 1 Kutoarjo Kecamatan Gedongtataan Kabupaten Pesawaran dengan menggunakan alat peraga miniatur pada pokok bahasan bangun datar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dirancang secara sistematis dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV, pada Tahun Ajaran 2011/2012 semester genap dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang, dengan komposisi 15 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Data yang dikumpulkan berupa data hasil belajar siswa. Data hasil analisis disajikan dalam bentuk tabel hasil belajar dan distribusi frekuensi, untuk mendapatkan gambaran tentang aktivitas belajar, daya serap dan prosentase ketuntasan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga miniatur dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 1 Kutoarjo Kecamatan Gedongtataan Kabupaten Pesawaran, yang ditunjukkan oleh pencapaian ketuntasan dengan nilai yang memuaskan pada interval nilai (81 ? 100), yaitu rata-rata sebanyak 52,08% siswa pada siklus I menjadi sebanyak 62,50% siswa pada siklus II, meningkat sebesar 10,42%. Kata kunci : hasil belajar dan alat peraga miniatur JF - Digital Library TI - PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA MINIATUR PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR DI SDN 1 KUTOARJO KECAMATAN GEDONGTATAAN KABUPATEN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012 AV - restricted ER -