TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints16577 UR - http://digilib.unila.ac.id/16577/ A1 - DIANA NOVRATILOVA, 0853023010 Y1 - 2015/12/23/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan menyimpulkan pada materi pokok asam basa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran problem solving pada penelitian ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA SMAN 1 Natar yang berjumlah 216 siswa pada tahun ajaran 2014/2015. Sampel penelitian yaitu kelas XI IPA5 dan XI IPA6 yang memiliki karakteristik hampir sama. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-Gain keterampilan mengelompokkan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,46 dan 0,31 dan rata-rata n-Gain keterampilan menyimpulkan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,44 dan 0,32. Berdasarkan uji hipotesis n-Gain kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, sehingga model pembelajaran problem solving efektif dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan menyimpulkan. Kata kunci: asam basa, keterampilan mengelompokkan, keterampilan menyimpulkan, problem solving PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN MENYIMPULKAN PADA MATERI ASAM BASA AV - restricted ER -