@misc{eprints1661, month = {Mei}, title = {PENGARUH KETERAMPILAN METAKOGNISI TERHADAP MOTIVASI DAN PENGUASAN KONSEP BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)}, author = {MADE TOPAN ARI P Made Sunadi}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/1661/}, abstract = {Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran IPA Fisika di SMP N I Way Jepara, diketahui bahwa pembelajaran yang dilakukan oleh guru terbatas pada menjelaskan materi, memberi contoh soal, dan latihan. Sehingga proses pembelajaran berjalan kurang maksimal. Guru kurang membiasakan siswanya untuk mendiskusikan berbagai fenomena dalam keseharian yang berkaitan dengan materi pelajaran. Adapun solusi yang dapat dilaksanakan untuk menyikapi permasalahan yang berhubungan dengan pengaruh keterampilan metakognisi terhadap motivasi dan penguasaan konsep belajar siswa yaitu dengan menerapkan model PBL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh keterampilan metakognisi terhadap motivasi belajar siswa melalui model PBL; (2) Pengaruh keterampilan metakognisi terhadap penguasaan konsep belajar siswa melalui model PBL. Penelitian ini dilakukan di SMP N1 Way Jepara, menggunakan satu kelas yaitu kelasVIIIB dengan jumlah sampel 32 siswa dan menggunakan desain one-shot case study. Pada penelitian ini diperoleh data keterampilan metakognisi, data motivasi belajar dan penguasaan konsep belajar siswa yang berdistribusi normal. Kemudian untuk menguji pengaruh dilakukan uji Made Topan Ari P korelasi, dan regresi linear sederhana antara data keterampilan metakognisi, motivasi, dan penguasaan konsep. Hasil analisis data dalam bentuk persamaan regresinya: (1) pengaruh keterampilan metakognisi terhadap motivasi belajar Y = 43,18 + 0,48X; (2) pengaruh keterampilan metakognisi terhadap penguasaan konsep belajar Y = 43,90+ 0,43X. Sehingga diperoleh kesimpulan: (1) terdapat pengaruh keterampilan metakognisi terhadap motivasi belajar siswa menggunakan model PBL sebesar 41\%; (2) terdapat pengaruh keterampilan metakognisi terhadap penguasaan konsep belajar siswa menggunakan model PBLsebesar 19\%. Kata kunci: keterampilan metakognisi, motivasi belajar, penguasaan konsep belajar, model PBL} }