TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints16611 UR - http://digilib.unila.ac.id/16611/ A1 - Ketut Swandana, (0915011063) Y1 - 2015/11/11/ N2 - Kajian ini dilakukan untuk mengetahui efisiensi paling ekonomis terhadap trase jalan dan geometri jembatan yang telah dibangun, serta mendapatkan alternatif tipe struktur atas jembatan yang digunakan di Way Panas. Analisis menggunakan kenyamanan geometri jalan memasuki jembatan, analisis struktur menggunakan metode kekuatan batas dan perbandingan biaya pelaksanaan (RAB) dengan perencanaan terdahulu. Perhitungan dalam perencanaan ini meliputi perhitungan geometric dan trase jembatan, Perhitungan Bangunan Atas, dan Bangunan bawah jembatan. Dengan menghitung akibat beban mati dan beban hidup, dilanjutkan dengan mencari Gaya Momen dan Gaya Normal. Dan hingga di temukan dimensi dan tulangan yang di butuhkan untuk setiap bangunan. Dan dilanjutkan dengan menghitung biaya estimasi dengan menggunakan RAB. Berdasarkan hasil perencanaan maka disimpulkan Perubahan geometric jembatan dari bentang 12 meter menjadi 16 meter memberikan geometri tikungan yang lebih baik dibandingkan posisi exsisting. Analisis tulangan jembatan dengan analisis ultimate memberikan efisiensi tulangan sebesar 17,21% di bandingkan dengan standard BM 100 dengan analisis lentur. Pada pelaksanaan dengan BM-100 menghasilkan berat tulangan sebesar 4685,99 Kg dan menggunakan analisis lentur di dapat tulangan seberat 3876,3 kg tulangan. Biaya pelaksanaan dengan memakai harga satuan bahan/ upah (RAB),senilai Rp.975.000.000,- untuk bentang 12 m dan untuk bentang 16 m dengan biaya Rp.983.000.000,- berdasarkan biaya perhitungan sendiri. Kata Kunci: RAB, Geometri, BM-100, existing, ultimate ABSTRAK BAHASA INGGRIS This design is done to determine the level of efficiency the most economical to alignment and geometry of bridge have been built. As long as gain alternative type of structure on bridge which should used in Way Panas. Calculations in this design cover the building upon and under construction the bridge. With calculations result of dead load and live load, followed bye look for to moment force and normal force. Until found of dimension and reinforcement needed for each building. And the next calculations of estimated engineering use RAB. Based on the result of design it is concluded geometry changes of bridge from the span 12 to 16 meter provide curve geometry is better then position the existing. Bridge feinforcement analysis with ultimate analysis give efficiency reinforcement to 806,69 kg be compared with standard BM-100 with flexible analysis. On implementation with BM-100 result the reinforcement of 3876,3 kg. the cost of implementation with unit price of materials (RAB) is Rp.975.000.000,- under own estimate. Key word: RAB, Geometry, BM-100, Ultimate, existing PB - FAKULTAS TEKNIK TI - KAJIAN TERHADAP REVIEW DESAIN JEMBATAN WAY PANAS, DESA MARGO MULYO ? LEMATANG, KECAMATAN JATI AGUNG, LAMPUNG SELATAN AV - restricted ER -