%0 Generic %9 Other %A Ahmad Ansori, 1113021005 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2016 %F eprints:16626 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T EFEKTIVITAS PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015-2016) %U http://digilib.unila.ac.id/16626/ %X Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental) yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas problem based learning ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa dengan populasi adalah seluruh siswa kelas VII semester ganjil SMP Negeri 19 Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016. Sampel penelitian adalah dua kelas yang diambil dengan teknik purposive random sampling. Desain penelitian ini adalah posttest only control group design. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran problem based learning lebih efektif daripada pembelajaran konvensional ditinjau dari aspek kemampuan komunikasi matematis siswa. Namun, tidak efektif ditinjau dari aspek kriteria ketuntasan minimal belajar siswa kelas VII SMP Negeri 19 Bandar Lampung semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Kata kunci: Efektivitas, problem based learning, komunikasi Matematis