%A M.Syahrudin GS 0813031036 %J Digital Library %T PENGARUH KUALITAS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN PEMANFAATAN SARANA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012 %X Penelitian ini menganalisis faktor- faktor yang mempengaruhi prestasi atau hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII SMP Negeri 10 Bandar Lampung diantaranya adalah kualitas pelaksanaan pembelajaran dan pemanfaatan sarana belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif verifikatif dengan pendekatan Ex Post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 10 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 261 orang, dengan menggunakan rumus Slovin dengan probability sampling didapat sampel sebanyak 158 orang yang selanjutnya dilakukan alokasi proporsional sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Berdasarkan analisis diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan kualitas pelaksanaan pembelajaran terhadap prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VII SMP Negeri 10 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012. (2)Ada pengaruh yang positif dan signifikan pemanfaatan sarana belajar terhadap prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VII SMP Negeri 10 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012. (3)Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas pelaksanaan pembelajaran dan pemanfaatan sarana belajar terhadap prestasi belajar IPS Terpadu siswa kelas VII SMP Negeri 10 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012. %D 2012 %L eprints16627