%A 1216051010 AHMAD NASIRUL HUDA %T ANALISIS STRATEGI BISNIS DENGAN MENGGUNAKAN BUSINESS MODEL CANVAS STUDI PADA ORAQLE DISTRO AND CLOTHING %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Bisnis Oraqle Distro and Clothing dengan menggunakan Business Model Canvas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Instrumen penelitian ini adalah peneliti. Teknik pengambilan sampel sumber data/informan menggunakan snowball sampling. Informan dalam penelitian ini adalah pemilik, karyawan dan konsumen Oraqle Distro and Clothing. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi dan menggunakan bahan referensi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Business Model Canvas sebagai alat analisis, membantu dalam melihat strategi sebuah perusahaan. Strategi yang diterapkan oleh Oraqle Distro and Clothing adalah strategi penetrasi pasar, yaitu strategi dengan cara menawarkan value dengan upaya-upaya pemasaran yang lebih besar (menggunakan media sosial antara lain facebook, twitter, instagram dan juga website) dan juga strategi pengembangan produk, yakni lebih kepada mengubah, memodifikasi atau meningkatkan nilai dari produk yang dijual (melakukan design-design unik dan menarik), yang keduanya masuk ke dalam blok value propositions. Kata Kunci: Business Model Canvas, Distro, Strategi ABSTRACT This study aims to determine the Business Strategy Oraqle Distro and Clothing to use Business Model Canvas. This study used qualitative research methods with descriptive study. The instrument of this study are researchers. Technique sampling data sources / informants using snowball sampling. Informants in this study are the owners, employees and customers Oraqle Distro and Clothing. Data collection procedures used were observation, interviews and documentation. Test the validity of the data using triangulation and using reference materials. Data analysis techniques used are data reduction, data presentation, and conclusion. These results indicate that the Business Model Canvas as an analytical tool, helps in viewing strategy of a company. The strategy adopted by Oraqle Distro and Clothing is a market penetration strategy, that strategy by offering value to the efforts of a larger marketing (using social media, among others, facebook, twitter, instagram and websites) and product development strategies, ie more to alter, modify or enhance the value of products sold (perform design-design unique and interesting), which both entered into the block value propositions. Keywords: Business Model Canvas, Distro, Strategy %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %I FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK %L eprints16632