@phdthesis{eprints16645, month = {Oktober}, title = {AKUNTABILITAS MANAJEMEN SEKOLAH ( Studi Kasus Pada SMK Yaditama Kabupaten Lampung Selatan)}, school = {Universitas Lampung}, author = { 123012024 HABIBAH}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/16645/}, abstract = {ABTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendiskripsikan akuntabilitas manajemen sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK Yaditama). Suatu pengelolaan pendidikan yang terencana, terorganisir, dan terawasi dalam suatu sekolah adalah bagian dari kegiatan manajemen pendidikan yang sangat diperlukan dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan. Akuntabilitas manajemen pendidikan sangat penting karena dapat menentukan tujuan pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis dengan rancangan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sumber data yaitu pengelola sekolah, guru peserta didik, komite sekolah, Yayasan, masyarakat, dunia usaha dan dunia industri, dan pengawas pembina. Setelah dilakukan analisis data maka dilakukan penarikan kesimpulan sebagai temuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) akuntabilitas manajemen kurikulum belum sesuai harapan karena pencapaian pembelajaran dan kinerja guru masih rendah (2) akuntabiltas manajemen peserta didik juga masih ada yang belum sesuai harapan karena masih banyak pelanggaran tata tertib dan kinerja guru Bimbingan dan Konseling yang belum maksimal, (3) akuntabilitas manajemen personalia pengelolaannya sudah baik, karena menggunakan asas kekeluargaan dan keterbukaan, (4) akuntabilitas manajemen pembiayaan sudah baik pengelolaan dan pertanggung jawabannya dan sesuai peraturan yang ada, (5) akuntabilitas manajemen sarana dan prasarana sudah baik karena hampir semua sarana penunjang utama pendidikan sudah terpenuhi dan selalu dalam keadaan baik, dan (6) akuntabilitas manajemen hubungan dengan masyarakat juga sudah baik karena SMK Yaditama selalu menjaga hubungan baik dengan masyarakat, menjalin kerjasama dengan dunia usaha dan dunia industri dan lulusan dapat tersalurkan ke dunia kerja. Kata kunci: Akuntabilitas Sekolah Menengah Kejuruan, Pengelolaan pendidikan, Manajemen sekolah. ABSTRACT The purpose of this study was to analysis the accountability of the school management in a vocational school (SMK Yaditama). The education management planned and organized in the school is a part of the education management in improving the quality and quantity of the education. The accountability of the education management is very important because it can determine the purpose of the education. This study uses a phenomenological qualitative approach with a case study design. Data were collected through interviews, documentation, and observation. The data were source the school administrators, teachers learners, board school committees, foundations, community, business and industry, and supervisors builder. After analyzing the data then made inferences as research findings. The results showed that (1) the accountability of the management curriculum has not been as expected because the learning achievement and teacher performance is still low (2) the accountability management learners is not as expected because there are many violations of rules and guidance and counseling teacher performance is not maximized , (3) the accountability of personnel management is good management, because it uses the principles of familiar and transparance, (4) the accountability of financial management is good management and the accountability and in accordance with existing regulations, (5) the accountability of the management of facilities and infrastructure is good because almost all the facilities and infrastructure of education have been met and are always in good condition, and (6) the accountability management of the relationship with the community is also good because SMK Yaditama always maintains good relations with the community, collaborates with business and industry and the graduates have been guide channeled into the world of work. Keywords: Accountability of Vocational High School, education management, school management} }