%0 Journal Article %A 0813031056, Woro Astriandini %F eprints:16660 %J Digital Library %T Studi Perbandingan Hasil Belajar Ekonomi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Dan Cooperatif Integrated Reading And Composition (CIRC) Dengan Memperhatikan Kemampuan Awal Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 8 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/201 %U http://digilib.unila.ac.id/16660/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Perbedaan model pembelajaran kooperatif NHT dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dalam pencapaian hasil belajar ekonomi. 2. Keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dalam pencapaian hasil belajar ekonomi pada siswa yang memiliki kemampuan awal rendah. 3. Keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dalam pencapaian hasil belajar ekonomi pada siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi. 4. Interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian komparatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi penelitian berjumlah 308 orang siswa dengan jumlah sampel sebanyak 73 siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling. Teknik pengambilan data yaitu dengan observasi, dokumentasi, dan teknik tes. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varians dua jalan dan t-test dua sampel independen. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut. 1. Ada perbedaan model pembelajaran kooperatif NHT dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dalam pencapaian hasil belajar ekonomi. Hal ini ditunjukan dengan fhitung > ftabel yaitu 4,189 > 4,040. 2. Hasil belajar ekonomi pada siswa yang memiliki kemampuan awal rendah yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe NHT lebih tinggi dibandingkan yang pembelajarannya menggunakan kooperatif tipe CIRC. Hal ini ditunjukan dengan thitung > ttabel yaitu 3,090 > 2,069. 3. Hasil belajar ekonomi pada siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe NHT lebih rendah dibandingkan yang pembelajarannya menggunakan kooperatif tipe CIRC. Hal ini ditunjukan dengan thitung > ttabel yaitu -,457 < 2,069. 4. Ada interaksi antara model pembelajaran kooperatif dengan kemampuan awal siswa pada mata pelajaran ekonomi. Hal ini ditunjukan dengan fhitung > ftabel hitung yaitu 6,980 > 4,040.