TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints16661 UR - http://digilib.unila.ac.id/16661/ A1 - Ni Nyoman Yuliyanti Wijaya, 1115011073 Y1 - 2015/12/21/ N2 - Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan adalah pelabuhan yang berkembang di bawah naungan PT. Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (PT. ASDP) Cabang Utama Bakauheni merupakan pelabuhan penyeberangan di Propinsi Lampung. Pada saat ini Pelabuhan Bakauheni memiliki 6 dermaga. Berdasarkan penambahan dermaga menjadi 6 dermaga maka area parkir di pelabuhan tersebut harus ditinjau kembali. Peninjauan area parkir harus dilakukan untuk mendapatkan keadaan yang sesuai dengan kebutuhan kapasitas kendaraan bermotor yang akan menaiki kapal yang bersandar, sehingga tidak terjadi kemacetan yang terlalu panjang pada saat mengantri. Dari perhitungan didapat data sebagai berikut durasi parkir pada tanggal 22 Juli 2015 sebesar 300 menit. Hal ini mempengaruhi kapasitas kendaraan yang dapat di tampung. Kapasitas truk sebanyak 1450 kendaraan/hari, Indeks parkir yang didapat sebesar 42 %. Nilai indeks parkir yang masih di bawah 100 % menandakan bahwa jumlah petak parkir yang tersedia masih mampu menampung kendaraan yang akan parkir di Pelabuhan Bakauheni. Peramalan jumlah truk dari tahun 2018 adalah sebanyak 1.504 truk, pada tahun 2019 sebanyak 1.577 truk dan tahun 2020 sebanyak 1.651. jumlah tersebut semakin naik dari tahun 2015. Hal ini terjadi karena peramalan dilakukan karena adanya pengoperasian jalan tol Sumatera pada tahun 2018 sedangkan pada tahun 2016 dan 2017 tidak adanya pengembangan sarana transportasi di Pelabuhan Bakauheni sehingga jumlah truk dianggap stabil dengan tahun 2015. Kata kunci : Parkir, Kapasitas Kendaraan, Truk, Pelabuhan Bakauheni abstract EVALUATION OF PARKING IN THE DOCK I TO V RESULT IN ADDITION DOCK VI BAKAUHENI PORT LAMPUNG SOUTH South Lampung Bakauheni port is the port that developed under the auspices of PT. Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (PT. ASDP) Cabang Utama Bakauheni in Lampung province. At this time Bakauheni Port has six dock. Based on the addition of 6 dock then dock into the parking area of the port should be revisited. A review of the parking area must be done to get the state in accordance with the needs of the motor vehicle capacity will climb aboard the lean, so there is no traffic jam when the queue is too long. Data obtained from the following calculation parking duration on July 22, 2015 amounted to 240 minutes. This affects the capacity of the vehicle can be at capacity. The capacity of the truck as many as 1450 vehicles / day, parking index gained by 42%. Parking index value is still below 100% indicates that the number of available parking plots are still able to accommodate vehicles to be parked in the port of Bakauheni. Forecasting the number of trucks of 2018 was as much as 1,504 trucks, by 2019 as many as 1,577 trucks and by 2020 as many as 1,651. The number of growing up from 2015. Forecasting is done because of the toll road operation Sumatera in 2018 whereas in 2016 and 2017 is not the development of transportation facilities in the port of Bakauheni so that the number of the truck is considered stable by 2015. Key words: parking, vehicle capacity, Truck, Bakauheni Port PB - fakultas teknik TI - STUDI EVALUASI PERPARKIRAN DI DERMAGA I SAMPAI V AKIBAT PENAMBAHAN DERMAGA VI DI PELABUHAN BAKAUHENI LAMPUNG SELATAN AV - restricted ER -