@misc{eprints16681, month = {Nopember}, title = {PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGASI MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN MEMPERTIMBANGKAN BENTUK SOAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 4 BLAMBANGAN UMPU KABUPATEN WAY KANAN TAHUN AJARAN 2014/2015}, author = {0853031045 SURYO PRANOTO }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/16681/}, abstract = {ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar didalam pembelajaran IPS pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan. Tujuan penelitian untuk mengetahui perbandingan hasil belajar kognitif model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Model Kooperatif Group Investigasi dengan mempertimbangkan bentuk soal. Populasi penelitian ini berjumlah 81 siswa dengan menggunakan tekhnik cluster random sampling didapat sampel 54 siswa. Metode yang digunakan factorial 2x2.. Hasil penelitian menunjukan; (1) Hasil belajar IPS siswa yang pembelajarannya menggunakan model GI lebih rendah dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model PBL, didapat = 13,474. (2) Hasil belajar IPS yang di tes dengan menggunakan soal pilihan ganda lebih tinggi dibandingkan dengan bentuk soal essay, didapat = 14,330. (3) Ada Interaksi antara model pembelajaran dengan bentuk soal pada mata pelajaran IPS. didapat = 12,114 (4) Hasil belajar IPS yang menggunakan model PBL lebih rendah dibandingkan dengan model GI jika hasil belajarnya diukur menggunakan bentuk soal pilihan ganda, didapat = 3,590. (5) hasil belajar IPS yang pembelajaranya menggunakan model PBL lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan menggunakan model GI jika hasil belajarnya diukur menggunakan bentuk soal essay, didapat = 5,429. (6) hasil belajar IPS yang dites menggunakan bentuk soal pilihan ganda lebih rendah dibandingkan dengan hasil belajar IPS yang dites menggunakan bentuk soal essay pada pembelajaran menggunakan model PBL, didapat = 5,660. (7) Hasil belajar IPS yang dites menggunakan bentuk soal pilihan ganda lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar IPS yang dites menggunakan bentuk soal essay pada model GI, didapat = 4,379. Kata kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL), Kooperatif Group Investigasi (GI), Bentuk Tes.} }