?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PERBANDINGAN+HASIL+BELAJAR+KOGNITIF+MENGGUNAKAN+MODEL+PEMBELAJARAN+BERBASIS+MASALAH+DENGAN+MODEL+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF+TIPE+GROUP+INVESTIGASI+MATA+PELAJARAN+ILMU+PENGETAHUAN+SOSIAL+DENGAN+MEMPERTIMBANGKAN+BENTUK+SOAL+PADA+PESERTA+DIDIK+KELAS+VII+SEMESTER+GANJIL+SMP+NEGERI+4+BLAMBANGAN+UMPU+KABUPATEN+WAY+KANAN+TAHUN+AJARAN+2014%2F2015&rft.creator=SURYO+PRANOTO+%2C+0853031045&rft.subject=+&rft.subject=HB+Economic+Theory&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.description=ABSTRAK%0D%0APenelitian+ini+dilatar+belakangi+oleh+rendahnya+hasil+belajar+didalam+pembelajaran+IPS+pada+siswa+kelas+VII+SMP+Negeri+4+Blambangan+Umpu+Kabupaten+Way+Kanan.+Tujuan+penelitian+untuk+mengetahui+perbandingan+hasil+belajar+kognitif+model+Pembelajaran+Berbasis+Masalah+dengan+Model+Kooperatif+Group+Investigasi+dengan+mempertimbangkan+bentuk+soal.+Populasi+penelitian+ini+berjumlah+81+siswa+dengan+menggunakan+tekhnik+cluster+random+sampling+didapat+sampel+54+siswa.+Metode+yang+digunakan+factorial+2x2..+Hasil+penelitian+menunjukan%3B+(1)+Hasil+belajar+IPS+siswa+yang+pembelajarannya+menggunakan+model+GI+lebih+rendah+dibandingkan+dengan+siswa+yang+menggunakan+model+PBL%2C+didapat+%3D+13%2C474.+(2)+Hasil+belajar+IPS+yang+di+tes+dengan+menggunakan+soal+pilihan+ganda+lebih+tinggi+dibandingkan+dengan+bentuk+soal+essay%2C+didapat+%3D+14%2C330.+(3)+Ada+Interaksi+antara+model+pembelajaran+dengan+bentuk+soal+pada+mata+pelajaran+IPS.+didapat+%3D+12%2C114+(4)+Hasil+belajar+IPS+yang+menggunakan+model+PBL+lebih+rendah+dibandingkan+dengan+model+GI+jika+hasil+belajarnya+diukur+menggunakan+bentuk+soal+pilihan+ganda%2C+didapat+%3D+3%2C590.+(5)+hasil+belajar+IPS+yang+pembelajaranya+menggunakan+model+PBL+lebih+tinggi+dibandingkan+dengan+siswa+yang+diajarkan+menggunakan+model+GI+jika+hasil+belajarnya+diukur+menggunakan+bentuk+soal+essay%2C+didapat+%3D+5%2C429.+(6)+hasil+belajar+IPS+yang+dites+menggunakan+bentuk+soal+pilihan+ganda+lebih+rendah+dibandingkan+dengan+hasil+belajar+IPS+yang+dites%0D%0Amenggunakan+bentuk+soal+essay+pada+pembelajaran+menggunakan+model+PBL%2C+didapat+%3D+5%2C660.+(7)+Hasil+belajar+IPS+yang+dites+menggunakan+bentuk+soal+pilihan+ganda+lebih+tinggi+dibandingkan+dengan+hasil+belajar+IPS+yang+dites+menggunakan+bentuk+soal+essay+pada+model+GI%2C+didapat+%3D+4%2C379.%0D%0AKata+kunci+%3A+Hasil+Belajar%2C+Pembelajaran+Berbasis+Masalah+(PBL)%2C+Kooperatif+Group+Investigasi+(GI)%2C+Bentuk+Tes.&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2015-11-18&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16681%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16681%2F2%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16681%2F3%2FCOVER%2520LUAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16681%2F4%2FDAFTAR%2520GAMBAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16681%2F5%2FDAFTAR%2520GRAFIK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16681%2F7%2FDAFTAR%2520LAMPIRAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16681%2F8%2FDAFTAR%2520TABEL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16681%2F9%2FHALAMAN%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16681%2F10%2FHALAMAN%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16681%2F11%2FMOTTO.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16681%2F12%2FPERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16681%2F13%2FRIWAYAT%2520HIDUP.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16681%2F14%2FSANWACANA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16681%2F118%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16681%2F15%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16681%2F120%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16681%2F121%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16681%2F122%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16681%2F123%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16681%2F20%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.identifier=++SURYO+PRANOTO+%2C+0853031045++(2015)+PERBANDINGAN+HASIL+BELAJAR+KOGNITIF+MENGGUNAKAN+MODEL+PEMBELAJARAN+BERBASIS+MASALAH+DENGAN+MODEL+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF+TIPE+GROUP+INVESTIGASI+MATA+PELAJARAN+ILMU+PENGETAHUAN+SOSIAL+DENGAN+MEMPERTIMBANGKAN+BENTUK+SOAL+PADA+PESERTA+DIDIK+KELAS+VII+SEMESTER+GANJIL+SMP+NEGERI+4+BLAMBANGAN+UMPU+KABUPATEN+WAY+KANAN+TAHUN+AJARAN+2014%2F2015.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16681%2F