%0 Journal Article %A 1013119101, Toifatun Muchlisoh %D 2012 %F eprints:16708 %J Digital Library %T MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS IV SD N 7 WONODADI KECAMATAN GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN AJARAN 2011/2012 %U http://digilib.unila.ac.id/16708/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan tes setiap akhir siklus. Aspek yang diamati dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dan analisis data pada mata pelajaran matematika. Hasil penelitian pembelajaran matematika siswa kelas IV SD Negeri 7 Wonodadi setiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa 60,35 dengan persentase ketuntasan 45%, siswa yang mencapai KKM 9 siswa (45%) dan yang tidak mencapai KKM 11 siswa (55%). Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar matematka siswa 70,00 dengan persentase ketuntasan 85%, siswa yang mencapai KKM 17 siswa (85%) dan yang tidak mencapai KKM 3 siswa (15%). Dari kedua siklus yang diterapkan, terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II 9.65, peningkatan persentasenya 40%, dan peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM 8 siswa. Berdasarkan indikator keberhasilan pada siklus II, bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang diterapkan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 7 Wonodadi Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. Kata kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Student Teams Achivement Division (STAD)