@article{eprints16714, month = {Juli}, title = {PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 6 ADILUWIH KABUPATEN PRINGSEWU }, author = {KASIDAH 1013119136}, year = {2012}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/16714/}, abstract = {Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan suatu bangsa, karena melalui pendidikan akan terbentuk manusia yang terampil dan berkualitas. Untuk itulah bangsa Indonesia telah mengupayakan pembangunan pendidikan yang terarah dan terpadu sejalan dengan pembangunan dibidang lainnya. Berbagai upaya pembaharuan telah dilakukan dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional, baik pembaharuan yang menyangkut kurikulum maupun tentang peningkatan kualitas pendidikan. Berdasarkan latar belakang dan identifikasi masalah di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah ?Bagaimana peningkatan aktivitas dan prestasi belajar Matematika melalui pendekatan pemecahan masalah pada siswa kelas IV SD Negeri 6 Adiluwih Kabupaten Pringsewu??. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan prestasi belajar Matematika, dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah dengan standar kompetensi ?menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah? dan kompetensi dasar ?menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pecahan? Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada siklus I mencapai 57,93\% belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dengan rata-rata nilai prestasi belajar sebesar 69,66. Sedangkan pada siklus ke II aktivitas belajar siswa menjadi 80,00\% dengan rata-rata nilai prestasi belajar sebesar 72,58 hal ini sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebanyak 29 siswa (100\%). Kata Kunci : Aktivitas, Prestasi Belajar dan Pendekatan Pemecahan Masalah. } }