TY - JOUR ID - eprints16749 UR - http://digilib.unila.ac.id/16749/ A1 - 1013119174, Hj. SATRIA PUTRI MAKKIE Y1 - 2012/07// N2 - Dalam undang-undang RI No 20 Tahun 2003 guru memegang peranan penting dalam upaya membentuk watak siswa sebagai generasi penerus bangsa. Pembelajaran merupakan kegiatan formal yang dilakukan di sekolah. Kegiatan belajar mengajar sebagai suatu interaksi antara siswa dan guru untuk mencapai tujuan. Tujuan dari pembelajaran adalah menciptakan siswa yang cerdas spiritual, emosional, dan intelektual. Rumusan masalah penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut : ?Bagaimana peningkatan aktivitas dan prestasi belajar PKn melalui metode pemberian tugas pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Pringsewu Timur Kabupaten Pringsewu?.? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan aktivitas dan prestasi belajar PKn melalui metode pemberian tugas pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Pringsewu Timur Kabupaten Pringsewu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dengan menggunakan 2 siklus. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan pedoman observasi dan tes. Data dianalisis secara deskriptif dan kuantatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa pada siklus I dengan rata-rata sebesar 65,14% dan prestasi belajar siswa dengan rata-rata sebesar 69,43. Sedangkan pada siklus II rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 80,57% dan rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 75,57. Kata kunci: Aktivitas, Prestasi Belajar, dan Metode Pemberian Tugas JF - Digital Library TI - PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 PRINGSEWU TIMUR KABUPATEN PRINGSEWU AV - restricted ER -