title: PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK MENGENAL DUNIA TUMBUHAN (Studi Eksperimen pada siswa Kelas X SMA Persada Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2010/2011) creator: 0643024018, ELIA SUKMADEWI subject: description: Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model cooperative learning tipe TPS terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pokok Mengenal Dunia Tumbuhan. Desain penelitian adalah pretestpostest. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X6 sebagai kelas kontrol, yang dipilih secara acak dengan teknik clusster random sampling. Data penelitian diperoleh dari nilai pretest dan postest, kemudian dihitung selisisihnya dan diperoleh N-gain. Analisis data menggunakan uji–t pada taraf kepercayan 5% dengan menggunakan program SPSS 1 5. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe TPS dengan N-gain lebih tinggi (66,06) dibanding tanpa model cooperative learning tipe TPS (50,31). Keterampilan berpikir kritis siswa setelah melaksanakan pembelajaran pada kelas yang pembelajarannya menggunakan model cooperative learning tipe TPS lebih tinggi daripada kelas yang pembelajarannya tidak menggunakan model cooperative learning tipe TPS. Pada kelas eksperimen indikator keterampilan berpikir kritis yang paling tinggi adalah memberikan argumen sedangkan pada kelas kontrol indikator merumuskan masalah. Dengan demikian terdapat pengaruh yang meningkatkan dari penerapan model cooperative learning tipe TPS terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pokok Mengenal Dunia Tumbuhan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model cooperative learning tipe TPS berpengaruh meningkatkan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Indikator keterampilan berpikir kritis siswa meningkat setiap pertemuan dibandingkan metode pembelajaran diskusi kelompok. Kata kunci : model cooperative learning tipe TPS, mengenal dunia tumbuhan, keterampilan berpikir kritis. date: 2011-02-03 type: Artikel type: PeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16779/1/Abstrak.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16779/2/Cover%20Dalam.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16779/3/Cover.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16779/4/Daftar%20Gambar.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16779/5/Daftar%20Isi.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16779/6/Daftar%20Tabel.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16779/7/Moto.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16779/8/Pengesahan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16779/8/Pernyataan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16779/9/Persembahan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16779/10/Persetujuan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16779/11/Riwayat%20Hidup.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16779/12/Sanwacana.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16779/13/Bab%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16779/14/Bab%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16779/15/Bab%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16779/16/Bab%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16779/17/Bab%20V.pdf identifier: 0643024018, ELIA SUKMADEWI (2011) PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK MENGENAL DUNIA TUMBUHAN (Studi Eksperimen pada siswa Kelas X SMA Persada Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2010/2011). Digital Library. relation: http://digilib.unila.ac.id/16779/