TY - JOUR ID - eprints16810 UR - http://digilib.unila.ac.id/16810/ A1 - 0743024041, Nurvita Sari Samwar Y1 - 2013/02/03/ N2 - Abstrak Keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 7 Bandar Lampung belum dikembangkan secara optimal. Hal ini dikarenakan sistem pengajaran yang masih didimonasi oleh guru. Satu alternatif yang dapat digunakan untuk membuat siswa aktif dalam berpikir kritis yaitu dengan model Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model PBL terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Desain penelitian adalah pretest-postest non equivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 yang dipilih secara acak dengan teknik clusster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 95% dengan menggunakan Nurvita Sari Samwar iii bantuan program SPSS 17. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa yang diambil dengan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model PBL meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan rata-rata nilai pretes (24,11), postes (68,95), dan N-gain (59,86). Indikator kemampuan berpikir kritis dengan kriteria tinggi sekali yang dicapai siswa melalui model PBL yakni indikator memberikan argumen dan melakukan induksi. Aktivitas belajar siswa yang menggunakan model PBL juga mengalami peningkatan dari pertemuan I dengan rata-rata 55,09 meningkat pada pertemuan II dengan rata-rata 69,91 dan meningkat lagi pada pertemuan III dengan rata-rata 80,32. Aspek mengemukakan ide/gagasan, mengajukan pertanyaan, dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok merupakan aktivitas dengan kriteria baik yang dicapai siswa yang menggunakan model PBL. Dengan demikian, penerapan model PBL berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis oleh siswa. Kata kunci : Model Problem Based Learning (PBL), keterampilan berpikir kritis, aktivitas belajar, dan sistem peredaran darah. JF - Digital Library TI - PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PEREDARAN DARAH (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI Semester Ganjil SMA Negeri 7 Bandar Lampung T.P 2012/2013) AV - restricted ER -