%0 Generic %A , ARINA KHUSNAYAIN %C Universitas Lampung %D 2013 %F eprints:1683 %I Fakultas KIP %T PENGARUH SKILL ARGUMENTASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP LITERASI SAINS SISWA SMP %U http://digilib.unila.ac.id/1683/ %X Proses pembelajaran yang berlangsung di sekolah saat ini kurang memperhatikan literasi sains siswa. Hal ini mengakibatkan siswa Indonesia memiliki literasi sains yang masih rendah. Upaya mengembangkan literasi sains siswa dilakukan dengan menerapkan pembelajaran yang mengajak siswa untuk belajar sains dengan membenarkan sesuatu berdasarkan alasan, fakta, serta pertimbangan argumen. Proses pembelajaran ini mengajak siswa untuk mengasah skill argumentasinya sehingga mampu menyelesaikan permasalahan sains yang ada di lingkungannya. Proses pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat digunakan untuk merangsang siswa menggunakan skill argumentasinya dalam penyelesaian masalah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pengaruh skill argumentasi terhadap literasi sains siswa SMP, dan (2) mengetahui peningkatan literasi sains siswa SMP dengan menggunakan skill argumentasi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Bangunrejo, menggunakan satu kelas yaitu kelas VIIIB dengan jumlah sampel 32 siswa dan menggunakan desain One-Group Pretest – Arina Khusnayain iii Posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh linear yang positif dan signifikan antara skill argumentasi terhadap literasi sains siswa SMP dengan kontribusi sebesar 53,7% dan persamaan regresinya adalah Y` = 38,133 + 0,607X, dan (2) terjadi peningkatan yang signifikan dari literasi sains siswa SMP dengan menggunakan skill argumentasi, dengan nilai N-gain rata-rata 0,61 yang termasuk dalam kategori sedang. Kata kunci : skill argumentasi, literasi sains.