%0 Generic %A , AZFIN GUSTRIA %C Universitas Lampung %D 2013 %F eprints:1685 %I Fakultas KIP %T PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA PRAKTIKUM LISTRIK DINAMIS BERBASIS TIK MENGGUNAKAN SIMULATOR ELEKTRONIKA %U http://digilib.unila.ac.id/1685/ %X Praktikum merupakan proses pembelajaran dengan mengedepankan keterampilan siswa atau disebut hard skill siswa. Kegiatan praktikum juga dapat terlaksana tanpa harus melakukan praktikum di dalam laboratorium, namun dapat juga dilakukan menggunakan program di dalam komputer yang disebut juga dengan virtual lab. Virtual lab sangat cocok digunakan dalam praktikum pada materi listrik dinamis, virtual lab yang digunakan peneliti untuk melakukan praktikum listrik dinamis adalah sebuah simulator elektronika yaitu LiveWire. Simulator ini sangat asing bagi siswa SMP, maka dibutuhkan lembar kerja siswa (LKS) praktikum agar praktikum menggunakan simulator dapat terlaksana dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKS praktikum listrik dinamis menggunakan simulator elektronika. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan menggabungkan model penelitian pengembangan media intruksional termodifikasi dengan tahap-tahap pengembangan sebagai berikut: (1) Analisis kebutuhan, (2) Identifikasi sumberdaya untuk memenuhi kebutuhan, (3) Identifikasi spesifikasi produk yang diinginkan pengguna, (4) Pengembangan Azfin Gustria produk, (5) Uji internal: Uji spesifikasi produk dan Uji kualitas spesifikasi produk, (6) Uji eksternal: Uji kemanfaatan produk oleh pengguna, (7) Produksi. LKS yang dihasilkan telah mengalami evaluasi kesesuaian desain dan kesesuaian isi/ materi yang dilakukan oleh ahli desain dan alhi isi/ materi. Selanjutnya LKS juga dilakukan uji pengguna untuk mengetahui kemenarikan, kemudahan, kemanfaatan dan kefektifan LKS. Berdasarkan uji pengguna yang dilakukan diperoleh nilai hasil analisis uji kemenarikan 3,19 secara kualitatif dikategorikan menarik; nilai hasil analisis uji kemudahan 2,67 secara kualitatif dikategorikan mudah, dan nilai hasil analisis uji kebermanfaatan 3,02 secara kualitatif dikategorikan manfaat. Dari hasil uji keefektifan 87,09% siswa mencapai standar kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan, hal ini menunjukkan LKS hasil pengembangan efektif digunakan sebagai sumber belajar. Kata kunci : Lembar Kerja Siswa , Praktikum, Simulator Elektronika.