%0 Journal Article %A 0713031037, MUHAMMAD HARIS %D 2013 %F eprints:16871 %J Digital Library %T FAKTOR-FAKTOR DETERMINAN PRESTASI BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI JURUSAN PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/16871/ %X Abstrak Prestasi belajar merupakan parameter yang menandakan keberhasilan dalam proses pembelajaran. Tinggi rendahnya prestasi belajar ditentukan oleh banyak faktor, di antaranya kemampuan peserta didik; minat, perhatian, dan motivasi belajar; kebiasaan belajar; pengetahuan awal dan prasyarat; serta karakteristik peserta didik. Pada kenyataannya, sebagian besar mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung yang mengikuti mata kuliah Komputer Akuntansi semester genap Tahun Akademik 2010/2011 belum memperoleh prestasi belajar yang optimal. Oleh karena itu, penelitian ini mengkaji faktor yang mempengaruhi prestasi belajar peserta didik berupa pengetahuan awal dan prasyarat. Dalam penelitian ini, pengetahuan awal dan prasyarat yang mempengaruhi prestasi belajar Komputer Akuntansi yaitu Penguasaan Pengantar Akuntansi, Penguasaan Akuntansi Keuangan Menengah, dan Penguasaan Praktik Akuntansi. Muhammad Haris Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan termasuk jenis penelitian kausal komparatif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah ex post facto dan survey. Populasi penelitian berjumlah 82 orang dan sampel penelitian sebanyak 66 orang yang diperoleh dengan rumus Cochran dan teknik Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dokumentasi dan instrumen tes prestasi. Pengujian hipotesis dianalisis dengan menggunakan regresi linear sederhana dan regresi linear multipel. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan taraf signifikansi 0,05, diperoleh hasil sebagai berikut. 1. Ada pengaruh yang positif dan signifikan penguasaan Pengantar Akuntansi terhadap prestasi belajar Komputer Akuntansi mahasiswa Pendidikan Ekonomi jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Lampung. Hal ini dibuktikan dengan thitung 7,181 > ttabel sebesar 1,665 (hasil intervolasi). Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. 2. Ada pengaruh yang positif dan signifikan penguasaan Akuntansi Keuangan Menengah terhadap prestasi belajar Komputer Akuntansi mahasiswa Pendidikan Ekonomi jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Lampung. Hal ini dibuktikan dengan thitung 5,453 > ttabel sebesar 1,665 (hasil intervolasi). Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. 3. Ada pengaruh yang positif dan signifikan penguasaan Praktik Akuntansi terhadap prestasi belajar Komputer Akuntansi mahasiswa Pendidikan Ekonomi jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Lampung. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan thitung 8,027 > ttabel sebesar 1,665 (hasil intervolasi). Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Muhammad Haris 4. Ada pengaruh yang positif dan signifikan penguasaan Pengantar Akuntansi, penguasaan Akuntansi Keuangan Menengah, dan penguasaan Praktik Akuntansi terhadap prestasi belajar Komputer Akuntansi mahasiswa Pendidikan Ekonomi jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Lampung. Hal ini dibuktikan dengan Fhitung > Ftabel atau 32,355 > 2,755. Dengan demikian Ho ditolak dan menerima H1. Kata kunci: Pengetahuan prasyarat, prestasi belajar