%A Dian Eka Sari %T PENGEMBANGAN ALAT GERAK JATUH BEBAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KONSEP GERAK JATUH BEBAS %X Kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep Gerak Jatuh Bebas disebabkan tidak tersedianya alat eksperimen untuk mempelajari Gerak Jatuh Bebas yang teliti. Alat yang tersedia di sekolah tidak mampu mencatat waktu jatuh benda secara akurat. Penggunaan stopwatch sebagai pencatat waktu secara manual tidak efektif digunakan. Oleh karena itu, dikembangkan alat Gerak Jatuh Bebas yang dapat mengukur waktu jatuh benda secara otomatis dengan memanfaatkan sensor suara. Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan alat Gerak Jatuh Bebas beserta LKS yang dapat digunakan sebagai sumber belajar dan media pembelajaran fisika. Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini diadaptasi dari Sadiman, dkk. yang meliputi tahapan: 1) Analisis kebutuhan, 2) Merumuskan tujuan pembelajaran, 3) Merumuskan butir-butir materi, 4) Menyusun instrumen evaluasi, 5) Menyusun naskah/draft media, 6) Validasi ahli, 7) Uji coba, dan 8) Produk akhir. Dian Eka Sari Hasil dari penelitian ini telah dihasilkan alat Gerak Jatuh Bebas yang mampu mengukur waktu jatuh benda secara otomatis, dapat memvariasikan ketinggian jatuh benda, pelepasan benda jatuh secara otomatis, dan dapat menyelidiki pengaruh massa benda terhadap waktu jatuh benda. Produk yang dikembangkan telah diuji secara ahli yang mencakup uji desain dan uji materi. Hasil uji desain dan uji materi menyatakan bahwa produk layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Uji coba dilakukan dengan dua tahapan yaitu uji satu lawan satu dan uji kelompok kecil. Hasil dari kedua uji coba tersebut menyatakan bahwa alat yang digunakan sangat menarik, mudah digunakan, dan sangat bermanfaat. Hasil belajar siswa setelah menggunakan alat ini menyatakan bahwa 100% siswa telah mencapai batas KKM sehingga produk yang dikembangkan sangat efektif dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kata kunci: alat eksperimen, gerak jatuh bebas, lks, sensor suara %C Universitas Lampung %D 2013 %I Fakultas KIP %L eprints1688