TY - JOUR ID - eprints16884 UR - http://digilib.unila.ac.id/16884/ A1 - 0711011017, Lili Baiti N2 - ABSTRAK Guru dalam sebuah organisasi pendidikan merupakan unsur utama. Untuk menjalankan tugasnya dengan baik guna tercapainya tujuan organisasi belajar memerlukan kinerja yang baik. Salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi kinerja guru adalah peran kepemimpinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peran kepemimpinan terhadap kinerja guru di SMPN 2 Gedong Tataan. Adapun masalah dalam penelitian ini masih adanya guru yang tidak memiliki SAP, silabus, dan media pembelajaran serta masih adanya nilai NUN yang di bawah standar kelulusan. Penelitian ini mengkaji peran kepemimpinan yang terdiri dari : peran kepemimpinan interpersonal (X1), peran kepemimpinan informasional (X2), dan peran kepemimpinan sebagai pengambil keputusan (X3) terhadap kinerja guru. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Berdasarkan hasil perhitungan, peran kepemimpinan yang terdiri dari : peran kepemimpinan interpersonal (X1), peran kepemimpinan informasional (X2), dan peran kepemimpinan sebagai pengambil keputusan (X3), peran informasional berpengaruh paling besar terhadap kinerja guru SMPN 2 Gedong Tataan. Hal tersebut terlihat dari nilai regresi linear berganda Y = 58,916 + 0,407X1 + 0, 418 X2 + 0,227 X3 + 3,622 Hipotesis yang diajukan yaitu : peran kepemimpinan yang bersifat interpersonal (X1) mempunyai pengaruh terhadap kinerja guru, peran kepemimpinan yang bersifat informasional (X2) mempunyai pengaruh terhadap kinerja, peran kepemimpinan sebagai pengambil keputusan (X3) mempunyai pengaruh terhadap kinerja guru SMP Negeri 2 Gedong Tataan. Hasil uji hipotesis secara parsial menunjukan terdapat pengaruh peran kepemimpinan interpersonal (X1) terhadap kinerja guru dengan nilai t hitung 3,054 > t tabel 2,014, peran kepemimpinan yang bersifat informasional (X2) terhadap kinerja gurudengan nilai t hitung 3,061 > t tabel 2,014, peran kepemimpinan sebagai pengambil keputusan (X3) terhadap kinerja guru dengan nilai t hitung 2,440 > t tabel 2,014 Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil uji hipotesis secara parsial diterima seluruh peran kepemimpinan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru. Saran yang dapat diajukan untuk meningkatkan kinerja guru SMPN 2 Gedong Tataan, sebaiknya peran kepemimpinan informasional yaitu monitor, disseminator, dan spokesman lebih ditingkatkan lagi dalam upaya meningkatkan kinerja guru dalam hal perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. JF - Digital Library TI - PENGARUH PERAN KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI 2 GEDONG TATAAN AV - public ER -