creators_name: , Lia Anggraini type: other datestamp: 2014-05-20 04:26:23 lastmod: 2014-05-20 04:26:23 metadata_visibility: show title: PENGARUH KEMAMPUAN BERTANYA TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERKIRIM SALAM-SOAL ispublished: pub subjects: L1 subjects: LB subjects: QC full_text_status: restricted abstract: Kemampuan bertanya diduga mempengaruhi keterampilan metakognisi dan berpikir kritis siswa untuk pembelajaran IPA Fisika. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa siswa kurang memiliki keterampilan sebagaimana yang dibutuhkan pada pembelajaran IPA Fisika. Kemampuan bertanya dengan pembelajaran berbasis strategi metakognisi dapat meningkatkan keterampilan metakognisi dan berpikir yang dimiliki siswa. Siswa dapat memikirkan cara berpikirnya sendiri, sehingga siswa mampu mengendalikan pengetahuan yang dimilikinya untuk menciptakan kemampuan dan keterampilan yang baru, seperti memiliki keterampilan metakognisi dan keterampilan berpikir kritis khususnya untuk materi pelajaran cahaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan bertanya terhadap keterampilan metakognisi dan berpikir kritis siswa SMP, serta mengetahui adanya peningkatan keterampilan berpikir Lia Anggraini kritis siswa SMP menggunakan strategi metakognisi. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII1 SMP Negeri 1 Bandar Lampung yang berjumlah 25 siswa pada semester genap tahun ajaran 2012/2013. Pengujian pengaruh menggunakan uji korelasi dan regresi linear sederhana, sedangkan pengujian peningkatan menggunakan uji paired sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kemampuan bertanya terhadap keterampilan metakognisi siswa SMP dengan nilai koefisien determinasi sebesar 25%. Persentase tersebut diperoleh dari koefisien korelasi sebesar 0,50 dengan kategori sedang dan persamaan regresinya adalah ; 2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kemampuan bertanya terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMP dengan nilai koefisien determinasi sebesar 29%. Persentase tersebut diperoleh dari koefisien korelasi sebesar 0,54 dengan kategori sedang dan persamaan regresinya adalah ; 3) terdapat peningkatan rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa SMP dengan menggunakan strategi metakognisi pada model pembelajaran koopertaif tipe berkirim salam dan soal secara signifikan. Pengaruh strategi metakognisi sebesar 22,00 dengan N-gain rata-rata 0,70 dalam kategori tinggi. Hasil N-gain dalam kategori rendah sebesar 20%, dalam kategori sedang sebesar 36%, dan dalam kategori tinggi sebesar 44%. Kata kunci: Keterampilan metakognisi, kemampuan bertanya, dan berpikir kritis. date: 2013-09-23 date_type: published publisher: Fakultas KIP place_of_pub: Universitas Lampung citation: , Lia Anggraini (2013) PENGARUH KEMAMPUAN BERTANYA TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERKIRIM SALAM-SOAL. Fakultas KIP, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/1691/1/3.%20Cover%20Dalam.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1691/2/2.%20ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1691/3/4.%20Menyetujui.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1691/4/5.%20Mengesahkan.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1691/5/6.%20Surat%20Pernyataan.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1691/6/11.%20DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1691/7/1.%20BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1691/8/2.%20BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1691/9/3.%20BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1691/10/4.%20Bab%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1691/11/5.%20Bab%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1691/12/6.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1691/13/Lampiran.zip