title: PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA ANTARA PENGGUNAAN SIMULASI DAN EKSPERIMEN creator: , Linda Retnowati subject: L Education (General) = Pendidikan subject: LB Theory and practice of education subject: QC Physics description: Berdasarkan penelitian yang dilakukan masih banyak guru yang menggunakan pembelajaran konvensional sebagai alternatif yang sering digunakan di kelas sehingga siswa sulit dalam menerima, merespon, serta mengembangkan materi yang diberikan oleh guru. Penelitian ini membandingkan hasil belajar dan penguasaan konsep fisika siswa antara penggunaan simulasi dan eksperimen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Perbedaan rata-rata hasil belajar fisika siswa antara penggunaan simulasi dan eksperimen, (2) Perbedaan rata-rata penguasaan konsep fisika siswa antara penggunaan simulasi dan eksperimen. Penelitian ini telah dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2012/2013 di SMP Negeri 1 Kotagajah. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IX pada semester genap sedangkan sampel yang diambil yaitu kelas IXB sebagai kelas yang menggunakan metode eksperimen dan kelas IXF sebagai kelas yang menggunakan metode simulasi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Desain Eksperimen pada penelitian ini menggunakan bentuk One-Shot Case Study. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan adalah: (1) Ada perbedaan rata-rata-rata hasil Linda Retnowati belajar fisika siswa antara penggunaan simulasi dan eksperimen yaitu rata-rata nilai hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 80,5 sedangkan pada kelas simulasi sebesar 70 (2) Ada perbedaan rata-rata penguasaan konsep fisika siswa antara penggunaan simulasi dan eksperimen yaitu rata-rata nilai penguasaan konsep pada kelas eksperimen sebesar 72,38 sedangkan pada kelas simulasi sebesar 68,10. Jadi dapat disimpulkan hasil belajar dan penguasaan konsep fisika siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan simulasi. Kata kunci: Simulasi, Eksperimen, Hasil Belajar Siswa, Penguasaan Konsep Fisika Siswa. publisher: Fakultas KIP date: 2013-09-23 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1693/1/3.%20COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1693/2/2.%20ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1693/3/4.%20MENYETUJUI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1693/4/5.%20MENGESAHKAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1693/5/6.%20SURAT%20PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1693/6/10.%20DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1693/7/1.%20BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1693/8/2.%20BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1693/9/3.%20BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1693/10/4.%20BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1693/11/5.%20BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1693/12/6.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: archive identifier: http://digilib.unila.ac.id/1693/13/LAMPIRAN.zip identifier: , Linda Retnowati (2013) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA ANTARA PENGGUNAAN SIMULASI DAN EKSPERIMEN. Fakultas KIP, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/1693/