?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=STUDI+PERBANDINGAN+PENGGUNAAN+UMPAN+BALIK+(FEEDBACK)+PADA+LEMBAR+JAWABAN+SISWA+TERHADAP+PENGUASAAN%0D%0AKONSEP+FLUIDA+STATIS+SISWA+SMA+MELALUI%0D%0AMODEL+PEMBELAJARAN+CONTEXTUAL%0D%0ATEACHING+AND+LEARNING+(CTL)&rft.creator=+%2C+MUSTOFA+ABI+HAMID&rft.subject=L+Education+(General)+%3D+Pendidikan+&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=QC+Physics&rft.description=Pembelajaran+fisika+seringkali+tidak+mencapai+Kriteria+Ketuntasan+Minimal+(KKM).+Ketidaktercapaian+Kriteria+Ketuntasan+Minimal+(KKM)+oleh+sebagian+besar+siswa+menunjukkan+rendahnya+penguasaan+konsep.+Upaya+untuk+meningkatkan+penguasaan+konsep+siswa+adalah+memberikan+umpan+balik+(feedback)+pada+setiap+tes+yang+dilakukan+yang+dikombinasikan+dengan+model+pembelajaran+yang+tepat%2C+salah+satunya+model+pembelajaran+Contextual+Teaching+and+Learning+(CTL).+Berdasarkan+hal+tersebut%2C+peneliti+telah+melakukan+penelitian+untuk+mengetahui+peningkatan+penguasaan+konsep+siswa+setelah+diberikan+umpan+balik+(feedback)+pada+lembar+jawaban+siswa+melalui+model+pembelajaran+Contextual+Teaching+and+Learning+(CTL).+Penelitian+ini+bertujuan+untuk+(1)+mengetahui+perbedaan+rata-rata+penguasaan+konsep+Fluida+Statis+siswa+SMA+antara+menggunakan+umpan+balik+(feedback)+dengan+tidak+menggunakan+umpan+balik+(feedback)%2C+dan+(2)+mengetahui+peningkatan+penguasaan+konsep+Fluida+Statis+siswa+setelah+diberikan+umpan+balik+(feedback).+Penelitian+dilakukan+di%0D%0AMustofa+Abi+Hamid%0D%0ASMA+Negeri+6+Metro+menggunakan+dua+kelas%2C+yaitu+kelas+XI+IPA1+sebagai+kelas+kontrol+dengan+jumlah+sampel+23+siswa+dan+kelas+XI+IPA2+sebagai+kelas+eksperimen+dengan+jumlah+sampel+26+siswa+serta+menggunakan+desain+Posttest-Only+Control+Design.+Hasil+penelitian+ini+menunjukkan+bahwa+(1)+ada+perbedaan+rata-rata+penguasaan+konsep+Fluida+Statis+siswa+SMA+antara+menggunakan+umpan+balik+(feedback)+dengan+tidak+menggunakan+umpan+balik+(feedback).+Rata-rata+penguasaan+konsep+Fluida+Statis+siswa+SMA+dengan+menggunakan+umpan+balik+(feedback)+lebih+tinggi+daripada+rata-rata+penguasaan+konsep+Fluida+Statis+siswa+SMA+dengan+tidak+menggunakan+umpan+balik+(feedback)+dan+(2)+terjadi+peningkatan+yang+signifikan+penguasaan+konsep+siswa+setelah+diberi+umpan+balik+(feedback)+melalui+model+pembelajaran+Contextual+Teaching+and+Learning+(CTL)%2C+dengan+kenaikan+nilai+rata-rata+sebesar+22+%25+dan+nilai+N-gain+rata-rata+0%2C45+yang+termasuk+dalam+kategori+sedang.+Rata-rata+nilai+penguasaan+konsep+pada+kelas+eksperimen+yang+diberi+umpan+balik+(feedback)%2C+yaitu+73%2C77+sedangkan+pada+kelas+kontrol+yang+tidak+diberi+umpan+balik+(feedback)%2C+yaitu+55%2C74+.+Jadi+dapat+disimpulkan+bahwa+terdapat+peningkatan+penguasaan+konsep+pada+siswa+yang+diberi+umpan+balik+(feedback)+dan+penguasaan+konsep+siswa+di+kelas+eksperimen+lebih+tinggi+dibandingkan+kelas+kontrol.%0D%0AKata+kunci+%3A+umpan+balik+(feedback)%2C+model+pembelajaran+Contextual+Teaching+and+Learning+(CTL)%2C+penguasaan+konsep.&rft.publisher=Fakultas+KIP&rft.date=2013-09-23&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1694%2F1%2F3%2520COVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1694%2F2%2F2%2520ABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1694%2F3%2F4%2520HLM%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1694%2F4%2F5%2520HLM%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1694%2F5%2F6%2520PERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1694%2F6%2F11%2520DAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1694%2F7%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1694%2F8%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1694%2F9%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1694%2F10%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1694%2F11%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1694%2F12%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.format=archive&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1694%2F13%2FLAMPIRAN.zip&rft.identifier=+++%2C+MUSTOFA+ABI+HAMID++(2013)+STUDI+PERBANDINGAN+PENGGUNAAN+UMPAN+BALIK+(FEEDBACK)+PADA+LEMBAR+JAWABAN+SISWA+TERHADAP+PENGUASAAN+KONSEP+FLUIDA+STATIS+SISWA+SMA+MELALUI+MODEL+PEMBELAJARAN+CONTEXTUAL+TEACHING+AND+LEARNING+(CTL).++Fakultas+KIP%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1694%2F