%0 Generic %A , MUSTOFA ABI HAMID %C Universitas Lampung %D 2013 %F eprints:1694 %I Fakultas KIP %T STUDI PERBANDINGAN PENGGUNAAN UMPAN BALIK (FEEDBACK) PADA LEMBAR JAWABAN SISWA TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FLUIDA STATIS SISWA SMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) %U http://digilib.unila.ac.id/1694/ %X Pembelajaran fisika seringkali tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Ketidaktercapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) oleh sebagian besar siswa menunjukkan rendahnya penguasaan konsep. Upaya untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa adalah memberikan umpan balik (feedback) pada setiap tes yang dilakukan yang dikombinasikan dengan model pembelajaran yang tepat, salah satunya model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Berdasarkan hal tersebut, peneliti telah melakukan penelitian untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep siswa setelah diberikan umpan balik (feedback) pada lembar jawaban siswa melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan rata-rata penguasaan konsep Fluida Statis siswa SMA antara menggunakan umpan balik (feedback) dengan tidak menggunakan umpan balik (feedback), dan (2) mengetahui peningkatan penguasaan konsep Fluida Statis siswa setelah diberikan umpan balik (feedback). Penelitian dilakukan di Mustofa Abi Hamid SMA Negeri 6 Metro menggunakan dua kelas, yaitu kelas XI IPA1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah sampel 23 siswa dan kelas XI IPA2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah sampel 26 siswa serta menggunakan desain Posttest-Only Control Design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan rata-rata penguasaan konsep Fluida Statis siswa SMA antara menggunakan umpan balik (feedback) dengan tidak menggunakan umpan balik (feedback). Rata-rata penguasaan konsep Fluida Statis siswa SMA dengan menggunakan umpan balik (feedback) lebih tinggi daripada rata-rata penguasaan konsep Fluida Statis siswa SMA dengan tidak menggunakan umpan balik (feedback) dan (2) terjadi peningkatan yang signifikan penguasaan konsep siswa setelah diberi umpan balik (feedback) melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), dengan kenaikan nilai rata-rata sebesar 22 % dan nilai N-gain rata-rata 0,45 yang termasuk dalam kategori sedang. Rata-rata nilai penguasaan konsep pada kelas eksperimen yang diberi umpan balik (feedback), yaitu 73,77 sedangkan pada kelas kontrol yang tidak diberi umpan balik (feedback), yaitu 55,74 . Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan penguasaan konsep pada siswa yang diberi umpan balik (feedback) dan penguasaan konsep siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Kata kunci : umpan balik (feedback), model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), penguasaan konsep.