?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+KETERAMPILAN+BERKOMUNIKASI+SAINS%0D%0AMENGGUNAKAN+MODEL+PEMBELAJARAN+LEARNING%0D%0ACYCLE+3+E+(LC+3+E)+TERHADAP+PENGUASAAN+KONSEP%0D%0AFISIKA+SISWA&rft.creator=+%2C+PUJIATI&rft.subject=L+Education+(General)+%3D+Pendidikan+&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=QC+Physics&rft.description=Fisika+merupakan+salah+satu+mata+pelajaran+dalam+rumpun+sains+yang+erat+kaitannya+dalam+kehidupan+sehari-hari.+Dalam+pembelajaran+sains+termasuk+fisika%2C+pada+umumnya+siswa+dituntut+untuk+lebih+banyak+mempelajari+konsep-konsep+dan+prinsip-prinsip+sains+yang+hanya+terdapat+dalam+buku+pelajaran.+Cara+pembelajaran+seperti+ini+menyebabkan+siswa+hanya+megenal+banyak+peristilahan+sains+secara+hafalan+tanpa+makna.+Salah+satu+upaya+yang+dapat+membantu+siswa+dalam+meningkatkan+penguasaan+konsep+siswa+khususnya+pada+materi+Fluida+Statis+adalah+menumbuhkan+kemampuan+berkomunikasi+sains+siswa+baik+secara+verbal+maupun+non-verbal.+Berdasarkan+hal+tersebut%2C+peneliti+telah+melakukan+penelitian+untuk+mengetahui+pengaruh+keterampilan+berkomunikasi+sains+menggunakan+model+pembelajaran+Learning+Cycle+3+E+(LC+3+E)+terhadap+penguasaan+konsep+fisika+siswa+pada+materi+Fluida+Statis.%0D%0APenelitian+ini+bertujuan+untuk+(1)+Mengetahui+peningkatan+penguasaan+kosep+fisika+siswa+dengan+menggunakan+keterampilan+berkomunikasi+sains%2C+dan+(2)%0D%0APujiati%0D%0Aiii%0D%0AMengetahui+pengaruh+keterampilan+berkomunikasi+sains+terhadap+penguasaan%0D%0Akonsep+fisika+siswa+pada+materi+Fluida+Statis.%0D%0APenelitian+ini+dilakukan+di+SMA+Negeri+1+Rumbia%2C+menggunakan+satu+kelas+yaitu%0D%0Akelas+XI+IPA3+dengan+jumlah+sampel+30+siswa+dan+menggunakan+desain+One%0D%0AGroup+Pretest-Posttest.+Pada+penelitian+ini+diperoleh+data+keterampilan%0D%0Aberkomunikasi+sains%2C+data+pretest+dan+posttest+penguasaan+konsep+fisika+siswa%0D%0Ayang+berdistribusi+normal+dan+linier.+Kemudian+untuk+menguji+peningkatan%0D%0Apenguasaan+konsep+fisika+siswa+dilakukan+perhitungan+persentase+kenaikan+skor%0D%0AN-gain+dan+uji+paired+sample+t+test+dari+data+pretest+dan+posttest+penguasaan%0D%0Akonsep+fisika+siswa.+Sedangkan+untuk+mengetahui+pengaruh+dilakukan+uji%0D%0Alinearitas%2C+korelasi%2C+dan+regresi+linear+sederhana+antara+data+keterampilan%0D%0Aberkomunikasi+sains+dan+data+posttest+penguasaan+konsep+fisika+siswa.%0D%0AHasil+penelitian+ini+menunjukkan+bahwa+(1)+Terdapat+peningkatan+rata-rata%0D%0Apenguasaan+konsep+fisika+siswa+yang+cukup+signifikan+dengan+menggunakan%0D%0Apendekatan+keterampilan+berkomunikasi+sains%2C+dengan+nilai+N-gain+rata-rata+0%2C55%0D%0Ayang+termasuk+kategori+sedang%2C+dan+(2)+Terdapat+pengaruh+yang+linear+dan%0D%0Asignifikan+antara+keterampilan+berkomunikasi+sains+terhadap+penguasaan+konsep%0D%0Afisika+siswa+pada+materi+Fluida+Statis+dengan+kontribusi+sebesar+14%25+dan%0D%0Apersamaan+regresinya+adalah+Y+%3D+20%2C666+%2B+0%2C647X.%0D%0AKata+kunci+%3A+keterampilan+berkomunikasi+sains+dan+penguasaan+konsep.&rft.publisher=Fakultas+KIP&rft.date=2013-09-23&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1695%2F1%2F2.%2520COVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1695%2F2%2F1.%2520ABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1695%2F3%2F3.%2520HALAMAN%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1695%2F4%2F4.%2520HALAMAN%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1695%2F5%2F5.%2520PERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1695%2F6%2F10.%2520DAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1695%2F7%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1695%2F8%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1695%2F9%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1695%2F10%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1695%2F11%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1695%2F12%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.format=archive&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1695%2F13%2F3.%2520LAMPIRAN.zip&rft.identifier=+++%2C+PUJIATI++(2013)+PENGARUH+KETERAMPILAN+BERKOMUNIKASI+SAINS+MENGGUNAKAN+MODEL+PEMBELAJARAN+LEARNING+CYCLE+3+E+(LC+3+E)+TERHADAP+PENGUASAAN+KONSEP+FISIKA+SISWA.++Fakultas+KIP%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1695%2F