%A DENI SUPRIYADI 0913031080 %J Digital Library %T PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN PEMANFAATAN SARANA BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SEMESTER GANJIL SMP 17 SERDANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013 %X Abstrak Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII semester ganjil SMP 17 Serdang Tahun Pelajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan pemanfaatan sarana belajar di sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII semester ganjil SMP 17 Serdang Tahun Pelajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII semester ganjil SMP 17 Serdang sebanyak 3 kelas dengan jumlah siswa keseluruhan 70 orang. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan probability sampling didapat sampel sebanyak 60 orang. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah penelitian verifikatifdengan pendekatan ex post facto. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan pemanfaatan sarana belajar di sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII semester ganjil SMP 17 Serdang Tahun Pelajaran 2012/2013. Berdasarkan analisis diperoleh hasil penelitian yang menunjukan bahwa, (1) ada pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII semester ganjil SMP 17 Serdang Tahun Pelajaran 2012/201 3, (2) ada pengaruh pemanfaatan sarana belajar di sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII semester ganjil SMP 17 Serdang Tahun Pelajaran 201 2/2013, (3) ada pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan pemanfaatan sarana belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII semester ganjil SMP 17 Serdang Tahun Pelajaran 2012/2013. Kata Kunci: Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, Pemanfaatan Sarana Belajar di Sekolah, dan Hasil Belajar. %D 2013 %L eprints16953