@article{eprints16961, title = {HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN CARA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X DI SMA KRISTEN 1 METRO TAHUN PELAJARAN 2010/2011}, author = {Deni Puji Hartono 0713034021}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/16961/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang hubungan antara motivasi belajar dan cara belajar dengan prestasi belajar geografi siswa kelas X di sma kristen 1 metro tahun pelajaran 2010/2011. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian korelasional dengan populasi, yaitu siswa kelas X sma kristen 1 metro tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 139 siswa yang kemudian diambil sebagai sampel sebanyak 61 siswa. Pengumpulan datanya menggunakan tehnik angket, observasi dan dokumentasi.analisis datanya menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). ada hubungan positif yang erat dan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Geografi Siswa Kelas X Sma Kristen 1 Metro, diperoleh koefesien korelasi rxy = 0,670. rtabel = 0,252. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima, artinya motivasi belajar yang tinggi diikuti dengan tingginya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Geografi Siswa Kelas X Sma Kristen 1 Metro. Sebaliknya, motivasi belajar yang rendah diikuti dengan rendahnya prestasi belajar siswa. (2) ada hubungan positif yang erat dan signifikan antara cara belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Geografi Siswa Kelas X Sma Kristen 1 Metro, diperoleh koefesien korelasi rxy = 0,658 rtabel = 0,252. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima, artinya cara belajar yang teratur diikuti dengan tingginya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Geografi Siswa Kelas X Sma Kristen 1 Metro. Sebaliknya, cara belajar yang tidak teratur diikuti dengan rendahnya prestasi belajar siswa. (3) terdapat korelasi positif antara motivasi belajar dan cara belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar sekitar 0,819. hubungan ini secara kualitatif dapat dinyatakan sangat kuat dan besarnya lebih dari korelasi individual antara x1 dengan y, maupun x2 dengan y. korelasi sebesar 0,819. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Cara Belajar, Dengan Prestasi Belajar } }