TY - JOUR ID - eprints16962 UR - http://digilib.unila.ac.id/16962/ A1 - 0813023016, Andrian Saputra Y1 - 2013/02/05/ N2 - Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran problem solving yang efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 9 Bandar Lampung semester ganjil tahun 2011-2012 dengan kelas XI IPA 5 dan XI IPA 6 sebagai sampel. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Pretest-Postest Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata N-gain keterampilan berpikir kritis siswa dengan sub indikator (1) mengapa, (2) kemampuan untuk memberikan alasan, (3) mengemukakan hipotesis, (4) membuat bentuk definisi (contoh dan non contoh), dan (5) mendefinisikan masalah untuk kelas kontrol dan eksperimen berturut-turut adalah (1) -0.81 dan 0.73, (2) -0.63 dan 0.762, (3) -0.2 dan 0.49, (4) -0.5 dan 0.697, dan (5) 0.44 dan 0.70. Berdasarkan pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa kelas dengan model pembelajaran problem solving memiliki keterampilan berpikir kritis yang lebih tinggi dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menun jukkan bahwa pembelajaran materi kesetimbangan kimia dengan model problem solving lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Kata kunci : model pembelajaran problem solving, keterampilan berpikir kritis JF - Digital Library TI - MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI POKOK KESETIMBANGAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA AV - restricted ER -