%0 Journal Article %A 0813024039, Novria Wandira %D 2013 %F eprints:16966 %J Digital Library %T PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK PROTISTA (Studi Eksperimen Semu Pada Siswa Kelas X MAN 1 (Model) Bandar Lampung SemesterGanjil Tahun Ajaran 2012/2013) %U http://digilib.unila.ac.id/16966/ %X Abstrak Salah satu kecakapan hidup (life skill) yang perlu dikembangkan melalui proses pendidikan adalah keterampilan berpikir kritis. Namun di MAN 1 (Model) Bandar Lampung keterampilan berpikir kritis siswa belum dikembangkan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu bergambar melalui model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan studi eksperimen semu dengan desain pretes- postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X 4 dan X 5 yang dipilih dari populasi secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis secara statistik melalui uji-t dengan program SPSS Novria Wandira iii versi 17 pada taraf kepercayaan 95%. Data kualitatif berupa deskripsi keterampilan berpikir kritis siswa, data aktivitas belajar siswa, dan tanggapan siswa terhadap penggunaan media kartu bergambar melalui model pembelajaran TAI yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen baik secara keseluruhan maupun untuk masing-masing indikator mengalami peningkatan (pretes = 0,84; postes = 42,79; N-gain = 0,42). Rata-rata persentase aktivitas siswa semua aspek kelas eksperimen juga menunjukkan peningkatan. Selain itu, semua siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media kartu bergambar melalui model pembelajaran TAI. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan media kartu bergambar melalui model pembelajaran TAI berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Kata kunci: Protista, media kartu bergambar, model pembelajaran TAI, keterampilan berpikir kritis.