creators_name: 0813024040, Nur Hidayah Apriyani type: article datestamp: 2016-01-11 05:08:31 lastmod: 2016-01-11 05:08:31 metadata_visibility: show title: PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK PROTISTA (Kuasi Eksperimental Pada Siswa Kelas X Semester Ganjil SMA N 2 Gadingrejo T.P 2012/2013) ispublished: pub subjects: General full_text_status: restricted abstract: Abstrak Keterampilan berpikir kritis (KBK) perlu dimiliki siswa dalam proses pembelajaran. Namun hasil observasi di SMA N 2 Gadingrejo menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa yang dikembangkan masih rendah, karena itu diperlukan solusi untuk meningkatkan KBK siswa. Salah satunya dengan menggunakan media kartu bergambar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together ( NHT). Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain pretes postes kelompok non ekuivalen. Sampel penelitian adalah kelas X2 berjumlah 28 siswa dan X4 berjumlah 30 siswa yang dipilih dari populasi secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari nilai N-gain, kemudian dianalisis dengan uji t dengan taraf Nur Hidayah Apriyani iii kepercayaan 5%. Data kualitatif berupa rata-rata persentase aktivitas siswa dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan media kartu bergambar melalui model kooperatif tipe NHT yang dianalisis secara deskriptif Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu bergambar melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Terjadinya peningkatan KBK siswa pada kelas eksperimen dengan rata-rata N-gain (70,64) yaitu dengan kriteria tinggi. Selain itu, rata-rata N-gain indikator KBK siswa pada kelas eksperimen juga mengalami peningkatan yaitu 53,67 dengan kriteria sedang. Rata-rata persentase aktivitas belajar siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen memiliki kriteria tinggi yaitu 81,69 %. Selain itu, sebagian besar siswa (90,09%) memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media kartu bergambar melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu bergambar melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan akivitas belajar siswa pada materi pokok Protista. Kata kunci : Media Kartu Bergambar, NHT, Keterampilan Berpikir Kritis, Protista. date: 2012-12-04 date_type: published publication: Digital Library refereed: TRUE citation: 0813024040, Nur Hidayah Apriyani (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK PROTISTA (Kuasi Eksperimental Pada Siswa Kelas X Semester Ganjil SMA N 2 Gadingrejo T.P 2012/2013). Digital Library. document_url: http://digilib.unila.ac.id/16967/1/1.%20Cover.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16967/2/2.%20Abstrak.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16967/3/3.%20Cover%20dalam.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16967/4/4.%20Persetujuan.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16967/5/5.%20Pengesahan.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16967/6/6.%20Riwayat%20hidup.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16967/7/7.%20Persembahan.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16967/8/8.%20Motto.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16967/9/9.%20Pernyataan.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16967/10/10.%20Sanwacana.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16967/11/11.%20DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16967/12/DAFTAR%20GAMBAR.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16967/13/DAFTAR%20TABEL2.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16967/14/BAB%201.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16967/15/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16967/16/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16967/17/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16967/18/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16967/19/Daftar%20Pustaka.pdf