?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+PENERAPAN+MODEL+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF+THINK+PAIR+SHARE+(TPS)+TERHADAP+AKTIVITAS+BELAJAR+SISWA+DAN+PENGUASAAN+MATERI+POKOK+CIRI-CIRI+MAKHLUK+HIDUP&rft.creator=Aryani+Dwi+Kesumawardani%2C+0853024004&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=QH301+Biology&rft.description=Hasil+observasi+dan+wawancara+dengan+guru+IPA+kelas+VII+SMP+Negeri+21+Bandar+Lampung+menunjukkan+bahwa+aktivitas+belajar+dan+penguasaan+materi+siswa+masih+rendah.+Salah+satu+alternatif+yang+dapat+digunakan+untuk+meningkatkan+aktivitas+belajar+dan+penguasaan+materi+siswa+adalah+penggunaan+model+pembelajaran+kooperatif+Think+Pair+Share+(TPS).+Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+pengaruh+penerapan+model+pembelajaran+TPS+dalam+meningkatkan+aktivitas+belajar+dan+penguasaan+maateri+oleh+siswa.+Penelitian+ini+merupakan+kuasi+eksperimental+dengan+desain+pretest+posttest+kelompok+tak+ekuivalen.+Sampel+penelitian+adalah+siswa+kelas+VIIG+dan+VIID+yang+dipilih+secara+purposive+sampling.+Data+kuantitatif+diperoleh+dari+rata-rata+nilai+Pretest%2C+Posttest%2C+dan+N-gain.+Hasil+Pretest+dan+Posttest+dianalisis+menggunakan+uji+Mann-Whitney+U+(+uji-U)%2C+sedangkan+nilai+N-gain+dianalisis+menggunakan+uji+homogenitas+dan+dilanjutkan+dengan+uji+kesamaan+dua+rata-rata+(uji-t).+Data+iii+kualitatif+berupa+skor+aktivitas+belajar+yang+diperoleh+dari+hasil+observasi+aktivitas+siswa+melalui+model+TPS+serta+tanggapan+siswa+yang+diperoleh+dari+angket%2C+kemudian+dianalisis+secara+deskriptif.+Hasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+rata-rata+persentase+peningkatan+aktivitas+belajar+siswa+dalam+aspek+mengemukakan+pendapat%2Fide%2C+bertanya%2C+bekerjasama+dalam+teman%2C+bertukar+informasi+dan+mempresentasikan+hasil+diskusi+yang+diamati+pada+kelas+eksperimen+yakni+79%2C85+yang+berkriteria+baik+dengan+standar+deviasi+0%2C49.+Aspek+aktivitas+yang+diamati+tertinggi+pada+kelas+eksperimen+yaitu+pada+aspek+mengemukakan+pendapat+atau+ide+dan+mempresentasikan+hasil+diskusi+yaitu+81%2C61+berkriteria+baik.+Sedangkan+rata-rata+persentase+peningkatan+aktivitas+belajar+siswa+dalam+aspek+yang+diamati+pada+kelas+kontrol+lebih+rendah+dibandingkan+kelas+eksperimen+yakni+34%2C25+yang+berkriteria+kurang+dengan+standar+deviasi+0%2C46.+Aspek+aktivitas+yang+diamati+untuk+kelas+kontrol+tertinggi+pada+mempresentasikan+hasil+diskusi+dengan+kreteria+kurang.+Selain+itu%2C+sebagian+besar+siswa+memberikan+tanggapan+positif+terhadap+penggunaan+model+pembelajaran+kooperatif+TPS.+Hasil+penelitian+pada+penguasaan+materi+oleh+siswa+menunjukkan+kelas+eksperimen+lebih+tinggi+dibandingkan+kelas+kontrol+dengan+rata-rata+N-gain+kelas+eksperimen+sebesar+56+dan+kelas+kontrol+sebesar+23.+Dengan+demikian%2C+pembelajaran+menggunakan+model+pembelajaran+kooperatif+TPS+berpengaruh+dalam+meningkatkan+aktivitas+belajar+siswa+dan+penguasaan+materi+pokok+ciri-ciri+makhluk+hidup.%0D%0A%0D%0AKata+kunci+%3A+Model+Pembelajaran+TPS%2C+Aktivitas+Belajar+Siswa%2C+Penguasaan+Materi%2C+Ciri-Ciri+Makhluk+Hidup&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2015-12-31&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16968%2F1%2FABSTRAK%2520.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16968%2F2%2FCOVER%2520DALAM%2520.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16968%2F3%2FCOVER%2520LUAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16968%2F4%2FDAFTAR%2520GAMBAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16968%2F6%2FDAFTAR%2520TABEL%2520.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16968%2F7%2FMOTO.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16968%2F8%2FPENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16968%2F10%2FPERSEMBAHAN%2520.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16968%2F11%2FPERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16968%2F12%2FRIWAYAT%2520HIDUP%2520.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16968%2F13%2FSANWACANA%2520.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16968%2F84%2FPERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16968%2F85%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16968%2F14%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16968%2F15%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16968%2F16%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16968%2F17%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16968%2F18%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16968%2F19%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.identifier=++Aryani+Dwi+Kesumawardani%2C+0853024004++(2015)+PENGARUH+PENERAPAN+MODEL+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF+THINK+PAIR+SHARE+(TPS)+TERHADAP+AKTIVITAS+BELAJAR+SISWA+DAN+PENGUASAAN+MATERI+POKOK+CIRI-CIRI+MAKHLUK+HIDUP.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.++++(Tidak+diterbitkan)++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16968%2F