TY - JOUR ID - eprints16972 UR - http://digilib.unila.ac.id/16972/ A1 - 0813024049, Siska Meitasari Y1 - 2013/02/02/ N2 - Abstrak Penguasaan materi merupakan kemampuan yang telah dimiliki siswa setelah ia menerima bahan pelajaran. Hasil observasi di kelas VIII SMP Negeri 1 Baradatu, diketahui bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Oleh karena itu, perlu adanya kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan materi dan aktivitas belajar siswa. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran tipe NHT dalam meningkatan penguasaan materi dan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes nonequivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIID dan VIIIE yang dipilih dari populasi secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan N-gain Siska Meitasari iii yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t melalui SPSS 17. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa, dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran tipe NHT yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas penggunaan model pembelajaran tipe NHT meningkatkan penguasaan materi dengan rata-rata nilai pretes (42,62); postes (80,21); dan N-gain (0,65). Aktivitas beajar juga mengalami peningkatan untuk semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen, yaitu aspek bertanya (78,49%); aspek menjawab (79,57%); aspek berdiskusi dalam kelompok (91,40%); aspek mengemukakan ide/gagasan (76,88%), tingginya angka-angka ini didukung oleh kualitas pertanyaan, jawaban dan pendapat siswa yang sesuai dengan materi pertumbuhan dan perkembangan pada manusia. Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model pembelajaran NHT. Data angket menunjukkan bahwa (100%) siswa merasa senang dan tertarik dengan model pembelajaran tipe NHT dan menjadikan siswa lebih aktif dalam diskusi kelas dan juga kelompok. Sebanyak (90,32%) siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model pembelajaran tipe NHT . Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model tipe NHT dapat meningkatkan penguasaan materi dan aktivitas belajar oleh siswa. Kata kunci : Numbered Head Together (NHT), penguasaan materi, aktivitas belajar siswa, dan pertumbuhan dan perkembangan pada manusia. JF - Digital Library TI - EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE NHT DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA MANUSIA (Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 1 BaradatuTahun Pelajaran 2012/2013) AV - restricted ER -