TY - JOUR ID - eprints16984 UR - http://digilib.unila.ac.id/16984/ A1 - 0853021045, Rini Musdika Y1 - 2013/03/02/ N2 - Abstrak Think Pair Share (TPS) merupakan salah satu tipe model pembelajaran kooperatif yang memberi kesempatan kepada siswa dalam memahami konsep matematis melalui tahap berfikir secara individu (think), berdiskusi dengan pasangannya (pair) dan berbagi dengan seluruh kelas (share), sehingga siswa dapat lebih mudah memahami konsep matematis dari materi yang dipelajari. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pagelaran Semester Ganjil Tahun Pelajaran 201 2/2013. Sampel diambil secara purposive sampling dan diperoleh kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen dan VIII 3 sebagai kelas kontrol. Desain penelitian ini menggunakan post-test control design. Data penelitian pemahaman konsep matematis siswa diperoleh melalui post-test. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, diperoleh rata-rata nilai pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran TPS lebih tinggi daripada rata-rata siswa dengan pembelajaran konvensional dengan taraf signifikansi 5%. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: Pengaruh, TPS, Pemahaman Konsep Matematis JF - Digital Library TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pagelaran Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013) AV - restricted ER -