?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PERBEDAAN+SIKAP+SISWA+TERHADAP+LINGKUNGAN+SOSIAL%0D%0ADALAM+PEMBELAJARAN+IPS+TERPADU+YANG+PEMBELAJARANNYA%0D%0AMENGGUNAKAN+MODEL+KONTEKSTUAL+DAN+INKUIRI%0D%0ADENGAN+MEMPERHATIKAN+MINAT+BELAJAR+SISWA%0D%0APADA+SISWA+KELAS+VIII+SMP+NEGERI+2+MARGA+TIGA%0D%0ALAMPUNG+TIMUR+TAHUN+PELAJARAN+2012%2F2013&rft.creator=Hadi%2C+IVAN+PUTRANTO&rft.subject=HB+Economic+Theory&rft.subject=L+Education+(General)+%3D+Pendidikan+&rft.description=Penelitian+ini+dilatarbelakangi+oleh+tidak+adanya+penilaian+ranah+afektif+dalam+pembelajaran+mata+pelajaran+IPS+Terpadu%2C+khususnya+sikap+siswa+terhadap+lingkungan+sosial+di+SMP+Negeri+2+Marga+Tiga.+Untuk+mengatasi+masalah+tersebut+perlu+dilakukan+upaya+menyusun+perangkat+penilaian+afektif+tentang+sikap+siswa+terhadap+lingkungan+sosial+sebagai+peniliaian+ranah+afektif.+Sesuai+dengan+karakteristik+mata+pelajaran+IPS+Terpadu%2C+maka+digunakan+model+pembelajaran+kontekstual+dan+inkuiri+untuk+mencapai+tujuan+pembelajaran+ranah+afektif.+Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+perbedaan+sikap+siswa+terhadap+lingkungan+sosial+antara+siswa+yang+diajar+menggunakan+model+kontekstual+dengan+siswa+yang+diajar+menggunakan+model+inkuiri+dengan+memperhatikan+minat+belajar+siswa+sebagai+variabel+moderatornya.+Penelitian+ini+merupakan+penelitian+eksperimen+dengan+pendekatan+komparatif+yang+dilakukan+terhadap+dua+kelas+sampel+yang+dipilih+dengan+teknik+cluster+random+sampling+yang+diberikan+perlakuan+berbeda.+Data+penelitian+diperoleh+dengan+menggunakan+angket+untuk+mengetahui+minat+belajar+siswa+dan+lembar+observasi+untuk+mengatahui+sikap+siswa+terhadap+lingkungan+sosial.+Setelah+data+diperoleh%2C+kemudian+dianalisis+untuk+menguji+hipotesis+dengan+menggunakan+uji+T-test+Independent+dan+uji+Analisis+Varian+Dua+Jalan.%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan%3A+(1)+Ada+perbedaan+sikap+siswa+terhadap+lingkungan+sosial+dalam+pembelajaran+IPS+Terpadu+antara+siswa+yang+diajar+menggunakan+model+kontekstual+dan+siswa+yang+diajar+menggunakan+model+inkuiri.+Hal+ini%0D%0AIvan+Putranto%0D%0Aditunjukkan+pada+pengujian+hipotesis+pertama+menggunakan+rumus+Analisis+varian+dua+jalan+diperoleh+Fhitung+5%2C193+%3E+Ftabel+4%2C10+maka+HO+ditolak.+(2)+Sikap+siswa+terhadap+lingkungan+sosial+dalam+pembelajaran+IPS+Terpadu+yang+pembelajarannya+menggunakan+model+kontekstual+lebih+baik+dibandingkan+dengan+siswa+yang+diajarkan+menggunakan+model+inkuiri+pada+siswa+yang+minat+belajarnya+tinggi.+Hal+ini+ditunjukkan+pada+pengujian+hipotesis+kedua+menggunakan+rumus+T-test+dua+sampel+independent+diperolah+thitung+8%2C816+%3E+ttabel+4%2C10+maka+HO+ditolak.+(3)+Sikap+siswa+terhadap+lingkungan+sosial+dalam+pembelajaran+IPS+Terpadu+yang+pembelajarannya+menggunakan+model+kontekstual+lebih+rendah+dibandingkan+dengan+siswa+yang+diajarkan+menggunakan+model+inkuiri+pada+siswa+yang+minat+belajarnya+rendah.+Hal+ini+ditunjukkan+pada+pengujian+hipotesis+ketiga+menggunakan+rumus+T-test+dua+sampel+independent+diperolah+thitung+2%2C380+%3E+ttabel+2%2C10+maka+HO+ditolak.+(4)+Terdapat+interaksi+antara+model+pembelajaran+dengan+minat+belajar+siswa.+Hal+ini+ditunjukkan+pada+pengujian+hipotesis+keempat+menggunakan+rumus+Analisis+varian+dua+jalan+diperoleh+Fhitung+57%2C022+%3E+Ftabel+2%2C10+maka+HO+ditolak.%0D%0AKata+kunci%3A+Sikap+Siswa+Terhadap+Lingkungan+Sosial%2C+Minat+Belajar+Siswa%2C%0D%0AModel+Pembelajaran+Kontekstual+dan+Inkuiri.&rft.publisher=Fakultas+KIP&rft.date=2013-12-23&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F170%2F1%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F170%2F2%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F170%2F3%2FPERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F170%2F4%2FSURAT%2520PERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F170%2F5%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F170%2F6%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F170%2F7%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F170%2F11%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F170%2F9%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F170%2F10%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.format=archive&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F170%2F12%2FLAMPIRAN.zip&rft.identifier=++Hadi%2C+IVAN+PUTRANTO++(2013)+PERBEDAAN+SIKAP+SISWA+TERHADAP+LINGKUNGAN+SOSIAL+DALAM+PEMBELAJARAN+IPS+TERPADU+YANG+PEMBELAJARANNYA+MENGGUNAKAN+MODEL+KONTEKSTUAL+DAN+INKUIRI+DENGAN+MEMPERHATIKAN+MINAT+BELAJAR+SISWA+PADA+SISWA+KELAS+VIII+SMP+NEGERI+2+MARGA+TIGA+LAMPUNG+TIMUR+TAHUN+PELAJARAN+2012%2F2013.++Fakultas+KIP%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F170%2F