TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints1700 UR - http://digilib.unila.ac.id/1700/ A1 - Talip, ERNANI Y1 - 2014/06/17/ N2 - Pembelajaran tema keluarga di kelas I SDN 4 Ambarawa, terdapat permasalahan aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Guru juga kurang memanfaatkan media kartu huruf dan angka. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan pendekatan kualitatif. Prosedur penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus menggunakan langkahlangkah: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah guru peneliti, dan siswa kelas I sebanyak 15 orang yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu huruf dan angka dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Nilai rata-rata persentase aktivitas belajar siswa siklus I 65,00%, meningkat menjadi 78,89% di siklus II. Nilai rata-rata persentase kinerja guru dalam pembelajaran pada siklus I 71% (baik), meningkat pada siklus II menjadi 78% (sangat baik). Rata-rata hasil belajar siklus I sebesar 73,08, meningkat menjadi 79,69 di siklus II. Ketuntasan belajar siklus I mencapai 66,67% (belum tuntas), naik pada siklus II menjadi 93,33% (tuntas). Kata kunci: Aktivitas belajar, hasil belajar, kartu huruf dan angka PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN KARTU HURUF DAN ANGKA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS I SDN 4 AMBARAWA PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2012/2013 AV - restricted ER -